get app
inews
Aa Read Next : Kajian PDPM Karanganyar, Bahas Pemuda Berkemajuan

Refleksi Raport Pendidikan Berbasis Data, SD Muhammadiyah 1 Solo Gelar Workshop

Selasa, 15 November 2022 | 11:12 WIB
header img
SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang merupakan Sekolah Penggerak Kemendikbud-Ristek menggelar Workshop Refleksi Raport Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (PBD). Foto: Ist

SOLO, iNewsJatenginfo.id SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang merupakan Sekolah Penggerak Kemendikbud-Ristek menggelar Workshop Refleksi Raport Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (PBD), di Loji Hotel, Majapahit Meeting Room Lantai 7 Jl. Hasanudin 134 Punggawan Solo, Selasa (15/11/2022).

Acara dibuka dengan sambutan kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti SPd MPd. Dia menjelaskan Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

“Kurikulum merdeka belajar memberikan ruang kreativitas untuk menyusun ulang standar kurikulum sekolah demi pembelajaran yang bermakna.,” ujarnya.

Strategi yang dapat dilakukan adalah (1) Indentifikasi, sekolah melakukan pemetaan hasil rapor Pendidikan bersama-sama guru di sekolah (2) Refleksi, sekolah mencari dan indentifikasi akar persoalan bersama-sama dengan semangat membangun dan berubah (3) Benahi, merencanakan dan merancang ide tindakan secara kolaboratif.

Dalam workshop itu, hadir dua narasumber. Pertama Kepala Sekolah Penggerak Hj Sri Sayekti MPd dan Staf Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Sri Martono Lanjarsari SPd, Pada kesempatan tersebut Sayekti  juga membuka secara resmi, diawali kultum bertajuk etos kerja menghadirkan da’i Jaka Prasetya SSi MPd dan Wakil Kepala Sekolah bidang al Islam dan Kemuhammadiyahan Ahmad Syaifuddin MPd didaulat membaca doa.

“Acara diikuti sebanyak 67 guru karyawan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta,” ujarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut