get app
inews
Aa Read Next : Dua Napiter di Lapas Brebes Ucapkan Sumpah dan Ikrar Setia kepada NKRI

Pementasan Wayang Golek dan Tari Jaipong di Brebes, Upaya Pelestarian Kesenian Jateng

Senin, 03 Oktober 2022 | 09:49 WIB
header img
Ratusan penonton memadati Desa Cipajang, Kecamatan Banjarhajo, Kabupaten Brebes Jawa Tengah untuk menyaksikan pementasan wayang golek semalam suntuk. Foto: Ist

BREBES, iNewsJatenginfo.id - Ratusan penonton memadati Desa Cipajang, Kecamatan Banjarhajo, Kabupaten Brebes Jawa Tengah untuk menyaksikan pementasan wayang golek semalam suntuk, serta tari jaipong. 

Menariknya para seniman yang pentas adalah putra asli Desa Cipajang, baik dalangnya yaitu Dinar Panji Sudarya Iskandar maupun penari tari jaipongnya. Mereka adalah seniman tradisional yang masih berusia muda, sehingga dapat diharapkan menjadi pewaris kesenian tradisional di daerah tersebut.

Pementasan kesenian tradisional itu, untuk menumbuhkan kecintaan kepada kesenian tradisional dan nguri-uri kebudayaan di Jawa Tengah, yang difasilitasi DPRD Jawa Tengah pada Sabtu malam (1/9/2022). 

Tampilnya para putra asli desa Cipajang menjadi kebanggaan tersendiri bagi desa tersebut. Bahkan kepala desa Cipajang Takib Hilman Hakim, SH, MKN, menyebutnya mereka adalah aset kebanggaan dari kalangan kesenian tradisional.

"Yang membanggakan kami adalah karena pementasan malam ini dilakukan oleh para seniman-seniman asal desa Cipajang. Harapannya selain menghidupkan kesenian tradisional, dengan penampilan para seniman lokal ini, ke depannya mereka bisa tampil di derah-daerah lainnya," ujar Takib.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut