get app
inews
Aa Read Next : Kesaksian Warga di Lokasi Pembunuhan Vina

Tempat Pembantaian PKI Konon Simpan Kisah Mistis di Hutan Jeglong Pati

Rabu, 28 September 2022 | 12:42 WIB
header img
Foto: Ilustrasi Hutan Jati

Selain itu, terdapat tiga lubang terpisah yang menjadi kuburan bagi 25 orang yang dituduh merupakan anggota atau simpatisan PKI. Lubang-lubang lainnya dibiarkan menganga usai digali hingga sekarang dan beberapa ditanami pohon pisang.

Radimin dapat menceritakan kejadian pembantaian dengan jelas karena ia adalah saksi yang masih hidup sampai saat ini. Ia mengaku dipaksa menyaksikan tindakan mengerikan tersebut tepat didepan matanya.

“Saya dipaksa melihat dari dekat, nggak boleh jauh-jauh,” ucap Radimin.

“Orang-orang itu dicap jahat, PKI, pengkhianat, pokoke (pokoknya) dianggap mau menjatuhkan pemerintahan,” tambahnya.

Ketika ditanya pelaku pembantaian, Radimin mengungkapkan bahwa anggota Pemuda Garuda Pancasila adalah dalang di baliknya. Mereka disebut membawa senjata milik aparat kepolisian dan tentara.

Akan tetapi, Radimin tidak mengetahui secara pasti satu per satu orang yang dibantai pada malam mengerikan itu. Radimin hanya mengenal satu orang yang ia ketahui identitasnya setelah penutup matanya tak sengaja terbuka saat berupaya lari dari pembantaian.

Lebih lanjut, korban dipastikan tak hanya berasal dari Pati, Jawa Tengah. Para korban yang datang dari berbagai daerah ini dulunya diculik saat malam hari dan dibunuh di hutan Jati Jeglong dengan sadis.

Namun hingga kini, tak ada yang mengetahui secara pasti apakah korban yang dibunuh benar-benar anggota atau simpatisan PKI. Dari sanalah, organisasi Yayasan penelitian korban pembunuhan (YPKP) 1965/1966 cabang Pati melakukan berbagai upaya untuk melacak identitas masing-masing korban.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut