Logo Network
Network

Di Green House Hidroponik KB Gadis, KPI RU IV Cilacap Ciptakan Legacy Keberlanjutan Energi

Rizqa Leony Putri
.
Rabu, 28 September 2022 | 08:48 WIB
Di Green House Hidroponik KB Gadis, KPI RU IV Cilacap Ciptakan Legacy Keberlanjutan Energi
Peresmian Eco Smart Green House oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, Jumat (23/9/2022).

CILACAP, iNewsJatenginfo.id – Komitmen pengembangan energi baru terbarukan terus dikembangkan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap. Upaya tersebut dilakukan melalui pemanfaatan energi bersih dengan penggunaan panel surya di sentra pembibitan hidroponik Kampung Berkualitas (KB) ‘Gadis’, Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Panel surya berkapasitas 1.000 watt yang digunakan sebagai sumber energi penggerak alat penyiram tanaman dan nutrisi hidroponik ini dinamakan Eco Smart Green House. Program tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, Jumat (23/9/2022).

Mewakili Direktur Utama PT KPI, yaitu Direktur Operasi PT KPI Didik Bahagia menjelaskan program KB Gadis lahir untuk menjawab permasalahan sosial dan lingkungan, melalui pemanfaatan lahan bantaran rel kereta menjadi taman yang indah dan tanaman produktif hidroponik.

”Program ini dibarengi dengan pengelolaan bank sampah yang mengolah sampah organik dan anorganik menjadi produk bernilai,” ujarnya.

Inovasi tersebut terus berlanjut dengan memaksimalkan tenaga surya sebagai sumber energi untuk nutrisi hidroponik di area Green House, sebagai legacy keberlanjutan energi masa depan.

”Ini menjadi kontribusi perusahaan mendorong akses energi bersih berbasis masyarakat serta komitmen mendukung ESG (Environmental Social and Governance). Hal ini sebagai praktik bisnis yang mengintegrasikan kebijakan perusahaan selaras dengan keberlangsungan bumi dalam mendukung energi bersih,” tutur Didik.

Senada, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi kerja keras para pegiat KB Gadis yang tak kenal lelah berikhtiar mengubah wilayah kumuh menjadi lebih sehat dan produktif.

”KB Gadis Tegalreja adalah hasil kerja luar biasa seluruh elemen masyarakat sekitar bersama perusahaan, dalam hal ini PT KPI RU IV Cilacap. Sebab untuk menjadi sehat tidak cukup sekedar olahraga, tapi lingkungan juga harus secara sehat. Contoh nyata seperti pada sentra hidroponik ini,” katanya.

Sementara dalam sambutannya, Siti Nurbaya memberikan dukungan sepenuhnya keberadaan KB Gadis (Guyub. Aman, Damai, Indah, Sejahtera) sebagai bagian dari Program Kampung Iklim (Proklim) yang mendukung perwujudan kesejahteraan masyarakat. ”Yang paling penting dalam kegiatan bermasyarakat adalah feasible, yaitu ada nilai untuk rakyat yang mampu meningkatkan kesejahteraan mereka,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Siti Nurbaya menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) senilai Rp150 juta kepada Ketua Kampung KB Gadis, Muchlasin. Pihaknya juga mendorong perusahaan dan BUMN untuk mengalirkan program CSR nya pada upaya penyelematan lingkungan.

”Kami berterima kasih kepada pemerintah, masyarakat dan perusahaan atas kerja keras ini, membuat program yang berkesenambangunan dan memiliki nilai produktif bagi masyarakat,” tutur Siti Nurbaya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Bagikan Artikel Ini