Logo Network
Network

Transformasi Digital, SIG Gunakan Teknologi Cloud Amazon Web Services

Ali Masduki
.
Selasa, 27 September 2022 | 20:26 WIB
Transformasi Digital, SIG Gunakan Teknologi Cloud Amazon Web Services
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian, pada acara AWS Cloud Day 2022 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Foto/Istimewa

Lebih lanjut, Andriano Hosny Panangian menyampaikan, transformasi digital yang dilakukan  oleh SIG ini tidak hanya akan berhenti pada ruang lingkup internal Perusahaan. 

Transformasi digital ini merupakan landasan bagi Perusahaan untuk dapat melakukan inisiatif lebih jauh untuk meningkatkan pendapatan, seperti dengan pemberdayaan komunitas, optimalisasi jaringan distribusi dan pemasaran untuk mengakuisisi pelanggan baru. 

Selain itu transformasi digital yang dilakukan juga harus dapat mendukung terlaksananya komitmen Perusahaan terhadap lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Group Head Information & Communication Technology SIG, Anindio Daneswara menambahkan, SIG memanfaatkan teknologi cloud dalam melakukan standardisasi untuk menyederhanakan proses penyediaan sumber daya teknologi informasi dan sekaligus meningkatkan faktor keamanan dan keandalannya. 

SIG juga dapat menggunakan banyak pilihan teknologi yang tersedia di cloud, meliputi pemrosesan dan penyimpanan data, serta pengembangan lebih jauh dengan memanfaatkan kemampuan Data Analytics dan AI (artificial intelligence).

”Saat ini Group ICT SIG telah berhasil melakukan migrasi 90% dari sistem aplikasi prioritas dan utama ke cloud. Migrasi ini diperkirakan akan meningkatkan kecepatan proses komputasi hingga 1,6 kali dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi penggunaan computing resources sebesar 20%. Secara umum, dengan cost leadership dari penggunaan teknologi cloud, kita mempunyai potensi penurunan biaya operasional sekitar 30-40% serta meningkatkan faktor keamanan dengan teknologi yang tersedia di cloud,” ungkap Anindio Daneswara.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini