get app
inews
Aa Read Next : Semarak HUT RI ke 77, Ada Hantu Koruptor Jalan-jalan di Karnaval Kelurahan Nongkosawit di Semarang

Darimana Asal Usul Lomba Balap Karung? Ini Informasinya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 22:49 WIB
header img
Mengenal asal mula lomba balap karung (Foto: Instagram@teoliampheng)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Asal usul lomba balap karung yang biasa digelar di Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus kerap dirayakan masyarakat Indonesia dengan meriah. Momen bersejarah Kemerdekaan RI adalah kemenangan dan juga suka cita.

Tahun ini, bangsa Indonesia merayakan HUT RI ke-77 dengan tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih kuat". Tema ini diambil agar Indonesia bisa kembali bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama dua tahun terakhir.

Selain upacara pengibaran bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan, HUT RI juga biasa diwarnai dengan aneka kegiatan perlombaan ‘Agustusan’, salah satunya adalah balap karung.

Balap karung adalah perlombaan Agustusan di mana para pesertanya, umumnya anak-anak. Mereka diminta untuk memasukkan bagian bawah tubuhnya ke dalam karung tebal dan berlomba mencapai garis akhir dengan cara melompat.

Asal Usul Lomba Balap Karung
Dirangkum iNews.id, balap karung berasal dari zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Awalnya, balap karung adalah permainan yang dibawa oleh misionaris Belanda ke sekolah-sekolah dan instansi bentukan Belanda.

Karena menarik dan mudah ditiru, akhirnya banyak juga masyarakat Indonesia yang mengadakan perlombaan balap karung sendiri; dan kegiatan ini pun berlanjut hingga Indonesia berhasil merampas kemerdekaan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut