get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua PDM Kota Semarang, Prof. Dr. Ahwan Fanani, M.Ag Dikukuhkan sebagai Guru Besar

Mengetahui Tanah Terbengkalai, Tim KKN UIN Walisongo Manfaatkan Jadi Lahan Produktif

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 19:37 WIB
header img
Tim KKN UIN Walisongo Semarang manfaatkan tanah terbengkalai menjadi lahan produktif untuk menanam sayuran. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Tim KKN Mandiri Misi Khusus UIN Walisongo Semarang kelompok 29 memanfaatkan tanah kas desa yang terbengkalai menjadi lahan produktif dengan menanam cabai dan tomat.

Kegiatan pengolahan lahan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya lahan yang tidak terawat di Desa Branjang. Tercetuslah ide untuk memanfaatkan lahan tersebut dengan menanaminya sayuran berupa cabai dan tomat.

Sebelum Tim KKN MMK kelompok 29 telah berkoordinasi dengan kepala desa kaitannya dengan perizinan dan arahan tentang penanaman sayuran nanti. 

Kepala Desa Branjang Suhadi mengatakan jika lahan di Desa Branjang memang cocok untuk ditanami sayuran. Bahkan tak segan Suhadi juga menawarkan lahan lain jika dirasa lahan tersebut masih kurang.

“Ada beberapa lahan yang bisa digarap silahkan dipilih. Disini, lahan kas desa nya cocok untuk sayuran, jika lahannya kurang bisa minta lagi” kata Suhadi dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsSemarang.id, Jum'at (12/8/2022).

Menindaklanjuti arahan kepala desa, Kelompok KKN MMK 29 kemudian membersihkan serta menggemburkan tanah agar bisa ditanami selama kurang lebih memakan waktu seminggu. Setelah lahan siap ditanami, mulailah menanaminya dengan bibit cabai dan tomat.

Lahan produktif yang sudah ditanami tersebut akan diserahkan ke desa di akhir kegiatan KKN MMK. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan warga lebih termotivasi untuk menanam di lahan-lahan mereka yang tidak terawat menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut