get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Jateng Bahas Tugas Bisnis dan HAM

Hari Veteran Nasional, Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan yang Perlu Diingat

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:00 WIB
header img
Hari Veteran Nasional. Foto: okezone

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Hari ini salah satu hari besar yang perlu diketahui dan diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia, berdasarkan undang-undang nomor 15 tahun 2012 silam pemerintah menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional yang bertujuan memberikan apresiasi terhadap pahlawan yang mana berhasil memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

Meski tidak ditetapkan sebagai hari libur atau tanggal merah hari penghormataan terhadap para Veteran ini akan berlaku setiap tahunnya, dengan melakukan upacara bendera dan dilanjut dengan pemberian penghargaan terhadap Veteran. 

Peringatan Hari Veteran Nasional merupakan peringatan tragedi gencatan senjata tepatnya pada tanggal 10 Agustus 1949 silam setelah para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dengan melawan tentara Belanda. 

Hari veteran Nasional pun tidak lepas atas tragedi pertempuran yang terjadi di kota Surakarta, yakni pertempuran selama empat hari untuk melawan penjajah.  

Serangan yang terjadi dalam pertempuran selama empat hari atau dimulai sejak tanggal 7 Agustus dan berakhir tanggal 10 Agustus, pertempuran berhenti setelah Presiden Seokarno yang mana sebagai Panglima tertinggi memerintahkan gencatan senjata. 

Melalui sejarah tersebut, Pemerintah menganggap bahwa para Veteran Nasional merupakan pahlawan yang teramat berjasa atas berdirinya kemerdekaan yang benar-benar merdeka, dan peringatan Hari Veteran Nasional telah dilakukan sejak tahun 2015 silam hingga kapanpun dengan alasan mengenang semangat juang para pahlawan demi keutuhan negara dan bangsa.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut