get app
inews
Aa Read Next : Atasi Masalah Jerawat dengan Teknologi Radiofrequency

6 Manfaat Daun Kumis Kucing, Bisa sebagai Pereda Nyeri Menstruasi

Jum'at, 15 Juli 2022 | 14:31 WIB
header img
Daun kumis kucing kaya manfaat. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Kaya manfaat, tanaman kumis kucing baik untuk kesehatan dan sudah digunakan lama oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat daun kumis kucing yang paling umum adalah untuk mengobati asam urat. Di samping itu, masih ada manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui.

Dikutip dari alodokter.com Kandungan senyawa alami yang ada di dalam kumis kucing, meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.Berkat kandungan ini, manfaat kumis kucing bagi kesehatan sangatlah banyak. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengobati asam urat

Manfaat kumis kucing sebagai obat asam urat alami diduga berasal dari kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang tinggi di dalamnya. Senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antiradang yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Menurunkan tekanan darah

Kumis kucing juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan sinensetin di dalamnya berperan penting sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Khasiat ini akan membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin.

3. Mengatasi rematik

Kumis kucing juga dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat rematik alami, terutama pada penderita rheumatoid arthritis (RA). Kebanyakan penyakit rematik, termasuk RA, disebabkan oleh reaksi autoimun. Sebagian lain tidak disebabkan oleh autoimun, tapi sama-sama didasari oleh proses peradangan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut