get app
inews
Aa Read Next : Tiga Bulan Beroperasi, RS UNIMUS Raih Akreditasi Paripurna dengan Layanan Unggulan

Peringatan Hari Musik Nasional, Sobokartti Ajak Lestarikan Musik Tradisional

Senin, 20 Juni 2022 | 14:15 WIB
header img
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sobokartti mengusung acara “Sobokartti Ngabudaya: Sareng Sareng Sinau Gamelan”. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Dalam rangka peringatan hari musik sedunia pada tanggal (21/6)  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sobokartti mengusung acara “Sobokartti Ngabudaya: Sareng Sareng Sinau Gamelan”.

Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan alat musik dan musik tradisional Jawa kepada seluruh khalayak, agar tidak ditinggalkan dan dapat terus dilestarikan kepada generasi seterusnya.

Acara ini terselenggara oleh kolaborasi antara pengurus Sobokartti dan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berupaya untuk mengangkat alat musik tradisional gamelan ke kancah nasional. 

Acar ini dilaksanankan di Cagar Budaya Sobokartti, Jalan Dr. Cipto, Kebonagung, Kec. Semarang Timur.

Peserta sinau gamelan sebanyak 30 orang, yang diantaranya 3 dosen dari Universitas, Dian Nuswantoro Semarang, 8 orang dari luar Kota Semarang dan beberapa lainya dari bermacam instansi.

Ketua Progarm Studi Ilmu Komunikasi, Dr. Rahmawati Zulfiningrum mewakili pihak Unversitas Dian Nuswantoro mengungkapkan bahwa musik tradisional merupakan bagian dari indigenous knowledge yang perlu untuk terus dilestarikan dan dikelola sehingga dapat terus bertahan. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut