Suka Debat Sejak Kecil, Pengacara Aan Tawli Ternyata Fans Berat Adnan Buyung Nasution

Tim iNewsJatenginfo.id
Ketua Ikadin Jawa Tengah, Aan Tawli. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Sejak masih anak-anak Pengacara Aan Tawli sudah miliki kegemaran berdebat. Penggemar tokoh Adnan Buyung Nasution itu juga pernah mengkritik kebijakan kepala sekolahnya saat sekolah dasar jelang mengikuti lomba cerdas cermat.

“Jadi saya dan teman ikut lomba cerdas cermat di TVRI, kami sudah melakukan persiapan selama dua bulan dan sudah terbentuk. Tapi saat lomba, patner saya diganti oleh kepala sekolah, diganti dengan anak camat dan anak kepala KUA,” ungkap Dr Aan Tawli, SH, MH, praktisi hukum Law Office Defender of Justice.

“Tapi saya baru tahu kenapa Kepala Sekolahku dulu begitu itu setelah SMP, saya baru kalau itu nepotisme,” tambahnya.

“Jadi itu merupakan awal saya memperjuangkan prinsip, bagiku itu sangat berkesan dan itu selalu tak ingat, dulu waktu kecil pernah mendebat Kepala Sekolah karena nuraniku tidak nyaman, itu temanku,” jelasnya.

Sekolah hukum menjadi pilihan mantap dirinya sejak kecil. Pria kelahiran Palembang, 37 tahun merupakan lulusan Fakultas Hukum SI dan S2 di Universitas Semarang. Kemudian melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Sultan Agung Semarang.

“Kenapa saya pilih fakultas hukum, karena satu itu jiwanya disana. Kedua itu pesan bapak saya. Bapak selalu bilang, anak-anakku harus sekolah hukum, biar tahu hukum itu seperti apa, biar tahu hukum itu bisa nggak dibeli, bisa nggak dikuasai penguasa,” tuturnya,

“Bapak saya ingin anaknya jadi pendekar hukum. Itu yang masih saya ingat. Ketika saya berangkat ke pulau Jawa, mama pesan kamu di pulau Jawa nyari ilmu, ingat pesan bapak kamu harus paham soal hukum,”  ucap anak keenam dari sembilan bersaudara itu.

“Hukum yang pertama kali saya pelajari justru hukum Islam, saya pernah belajar di pondok pesantren di Payaman, Sirodjul Mukhlasin, Romo Agung Mbah sirot, belajar disana fiqih, alhamdulilah selesai khususnya fiqih di mahzab Syafi'i,” kata Aan menambahkan.

Adnan Buyung Nasution menjadi sosok yang menginspirasi dirinya dan memutuskan aktif dalam praktisi hukum ke depannya.

“Jujur tokoh seperti bung Adnan Buyung Nasution itu jadi inspirasi bagi saya,” terangnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network