Manfaat Dan Potensi Transformasi Pendidikan di Indonesia

Arif Afruloh
Ilustrasi Pendidikan. Foto: Ist

Potensi Pengguna Internet

Perkembangan pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif pada saat Indonesia Digital Outlook 2022 di The Westin, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Ia menyampaikan bahwa pada saat ini setidaknya 77% dari penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Ia melanjutkan bahwa pertumbuhan ini sangat fantastis, terbilang dari tahun 2020 pengguna internet di Indonesia hanya sekitar 175 juta pengguna. Dan berdasarkan data yang dihimpun APJJI, pada tahun 2022 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 210 juta pengguna aktif. Artinya dalam kurun waktu 2020 - 2022 ada penambahan sekitar 35 juta pengguna internet di Indonesia. Tentu efek pandemi Covid-19 sangat membawa dampak signifikan dengan bertambahnya jumlah tersebut, kata Muhammad Arif.

Dengan potensi pengguna internet yang besar serta dengan dukungan era digital seperti saat ini tentu menjadi modal berharga Kemendikbudristek dalam menentukan kebijakan kedepan.

Manfaat Transformasi Pendidikan

Pandemi Covid-19 tentu membawa efek yang sangat besar dengan keharusan siswa untuk mengakses proses belajar melalui kanal internet atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut seharusnya menjadi pantikan awal Kemendikbudristek dalam merancang kebijakan untuk melakukan akselerasi pendidikan melalui transfomrasi digital.

Dengan adanya aktualisasi ruang-ruang digital dalam dunia pendidikan, tentu akan memperkuat kolaborasi proses belajar, baik didalam kelas maupun diluar kelas. Dengan adanya berbagai platform belajar akan semakin memudahkan peserta didik belajar mandiri dan menemukan potensi dirinya.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network