MEKKAH, iNewsJatenginfo.id – Arab Saudi memberikan penghargaan kepada pemerintah Indonesia karena dinilai memberikan pelayanan haji dengan optimal khususnya saat proses kedatangan maupun kepulangan jamaah di area bandara. Indonesia dianggap bisa bekerja sama dengan baik dengan sejumlah pihak terkait di bandara sehingga proses pergerakan jamaah tidak mengalami banyak kendala.
Apresiasi Saudi tersebut diwujudkan dengan pemberian penghargaan dari Wukala, perusahaan penyedia layanan di bandara (airport handling) kepada Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia di Mekkah, Selasa (9/8) malam. Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Abdul Fattah Masath kepada Kepala KUH Indonesia Nasrullah Jasam.
Hadir dalam kesempatan itu Chairman Wukala Sahir Abdul Aziz Mathar. Selain di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Wukala juga memberikan pelayanan jamaah haji di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.
Nasrullah Jasam mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas apresiasi dari pemerintah Arab Saudi dan pihak-pihak terkait sehingga penyelenggaraan haji tahun ini secara umum berlangsung dengan baik. Meski kuota jamaah tidak sampai 50% dari kondisi normal, menurut Nasrullah, tantangan di lapangan juga tak kalah menantang.
“Namun kita bersyukur, ada pihak-pihak yang sangat membantu seperti Wukala dengan totalitasnya melayani jamaah baik pengangkutan koper, pergerakan jamaah, hingga pengurusan dokumen,” terang dia.
Nasrullah menilai, optimalnya pelayanan ini tak lepas komitmen tinggi Wukala untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah haji, termasuk dari Indonesia. Di antara bentuk layanan baru ini antara lain dikerahkannya ratusan petugas perempuan Saudi sehingga membuat jamaah haji lebih nyaman.
“Petugas-petugas itu selain muda juga sangat ramah. Sehingga mereka sangat cekatan dan membuat jamaah merasa disambut dengan hangat setiba dan saat akan pulang dari Tanah Suci,” katanya.
Editor : Iman Nurhayanto
Artikel Terkait