get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Gandeng KPK untuk Cegah Praktik Korupsi pada PPDB

PPDB SMP di Pekolangan Terapkan Metode Dua Zonasi

Selasa, 14 Juni 2022 | 08:52 WIB
header img
Siswa SMP di Kota Pekalongan sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Foto: Antara

PEKALONGAN, iNewsJatenginfo.idPemkot Pekalongan akan menerapkan metode dua zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 tingkat SMP. Pendaftaran PPDB SMP akan dilaksanakan mulai 16 Juni 2022. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Zainul Hakim mengatakan, pelaksanaan PPDB secara teknis pembagian kuotanya yaitu jalur zonasi 60 persen, prestasi 20 persen, afirmasi 15 persen, dan perpindahan tugas orang tua 5 persen. 

"Akan tetapi, pada tahun ajaran baru 2022/2023 untuk jalur zonasi berubah, yaitu jika pada tahun sebelumnya hanya satu zonasi namun sekarang menjadi dua zonasi yaitu pertama di lingkungan Kota Pekalongan dan kedua untuk daerah sekitar Kota Pekalongan atau wilayah yang berbatasan dengan Kota Pekalongan, serta luar zonasi bebas," katanya. 

Pihaknya mulai menyosialisasikan penerimaan peserta didik baru mulai tingkat sekolah dasar dan SMP kepada operator sekolah maupun kepala sekolah.

"Kami minta pihak sekolah menyosialisasikan pada peserta didik dan orang tua atau wali murid agar tidak mengalami kesulitan dalam proses PPDB secara daring yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini," katanya.

Terkait jalur afirmasi untuk siswa kurang mampu, pihaknya akan memberlakukan syarat khusus pada mereka agar menyertakan kartu-kartu yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kota Pekalongan, seperti program keluarga harapan, Jamkesmas, dan Jamkesda. 

"Adapun untuk surat keterangan tidak mampu dan Kartu Indonesia Pintar tidak diberlakukan. Pada pelaksanaan PPDB daring ini tidak ada syarat yang dilegalisir maupun fotokopi semua persyaratan berkas yang di-upload merupakan file asli," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut