get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Warisan Raja Samaratungga dari Sriwijaya, Inilah Sejarah Candi Borobudur

Selain Candi Borobudur, ini Candi Indah Lainnya

Minggu, 05 Juni 2022 | 17:57 WIB
header img
Objek wisata candi sekitar Yogyakarta Foto: IG @brequelee

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Ada banyak objek wisata candi sekitar Jogja yang bikin wisatawan penasaran. 

Beberapa objek wisata candi di sekitar Yogyakarta ini wajib Anda kunjungi jika berlibur di kota pelajar tersebut. 

Selain berlibur, Anda juga bisa sekaligus mempelajari sejarah dengan berkunjung ke tempat peninggalan peradaban Hindu-Buddha ini. 

Suasananya yang masih cenderung sepi juga akan membuat Anda lebih leluasa untuk berpose ataupun mengeksplor sejarah bangunan kuno di Yogyakarta.

Lantas, di mana saja objek wisata candi sekitar Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (4/6).

1. Candi Prambanan

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga, yakni Candi Prambanan. 

Candi yang kerap disebut Candi Roro Jonggrang ini adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah. 

Bentuknya menjulang ke atas dan dikelilingi oleh 2 candi apit, 4 candi kelir, serta 4 candi sudut, sehingga saat berada di kompleks ini, Anda akan merasa seperti berada dalam sebuah kerajaan. 

Menariknya, candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991.

2. Candi Ratu Boko

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta berikutnya ada Candi Ratu Boko. Candi ini merupakan situs arkeologi peninggalan Wangsa Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 M. 

Lokasinya terletak 8 kilometer di sebelah selatan Candi Prambanan serta 18 kilometer di sebelah timur pusat Kota Yogyakarta. 

Situs ini semakin populer usai digunakan sebagai lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2. 

Sejak film tersebut, pemandangan sunset di candi ini telah menjadi subjek foto dari ribuan wisatawan.

3. Candi Ijo

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta selanjutnya ada Candi Ijo. Letaknya berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kira-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. 

Candi ini menjadi salah satu candi yang letaknya paling tinggi di antara candi-candi lainnya. 

Menurut sejarah, Candi Ijo ini dibangun sekitar abad ke-9 Masehi di sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. 

Kompleks Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk ini adalah teras berundak yang membujur dari barat ke timur. 

Menariknya, saat memasuki pintu gerbang candi, Anda akan disambut oleh salah satu ukiran pada candi terbesar yang berupa sebuah Naga dengan mulut yang sangat besar. Sungguh indah dan memesona!

4. Candi Sewu

Objek wisata candi sekitar Yogyakarta lainnya ada Candi Sewu. Bentuknya mirip dengan Candi Prambanan, namun Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah candi Borobudur

Meskipun gempa pada 2006 mengakibatkan kerusakan terhadap tujuan wisata candi di kota Jogja ini, tetapi Candi Sewu tetap nampak menawan dan tak boleh terlewati untuk Anda kunjungi.

5. Candi Borobudur

Objek wisata candi di sekitar Yogyakarta terakhir adalah Candi Borobudur. Candi Buddha ini paling terkenal di dunia, bahkan telah dinobatkan sebagai monumen dan stupa terbesar di dunia oleh UNESCO. 

Dinding Candi Borobudur dihiasi oleh 2672 pahatan yang tersusun sepanjang 6 kilometer yang merupakan relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. 

Relief yang terpahat di dinding tersebut selain sebagai dekorasi, juga menceritakan 4 kisah kuno, yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda serta Gandawyuda. 

Salah satu spot favorit para pelancong adalah pemandangan terbit dan terbenamnya matahari dari atas candi. Dijamin, Anda akan terpukau atas keindahannya!

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut