get app
inews
Aa Read Next : Al-Quran Petunjuk bagi Manusia dan Pembeda

Manifesto IKAJI: Jurnalisme bagai Lentera Penuntun Manusia Temukan Kebenaran

Jum'at, 15 Desember 2023 | 00:01 WIB
header img
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Jurnalis Indonesia (IKAJI) Rommy Fibri membacakan manifesto saat deklarasi organisasi kewartawanan itu di Gedung RRI, Jakarta Pusat, Rabu (13/12).

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Jurnalis Indonesia (IKAJI) Rommy Fibri membacakan manifesto saat deklarasi organisasi kewartawanan itu di Gedung RRI, Jakarta Pusat, Rabu (13/12). Pernyataan sikap itu sebagai pijakan dalam menjalankan tugas jurnalisme.

Acara deklarasi itu dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh penting. Diantaranya, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah Muchlas, Ketua KPI Pusat Ubaidillah, Ketua Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) Piyu Padi, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa, dan tokoh lainnya.

Rommy mengatakan, manifesto merupakan pandangan dan sikap yang menjadi pijakan IKAJI dalam berorganisasi. Jadi, arah dan cita-cita IKAJI tergambar dalam manifesto itu. "Maka, kami bacakan manifesto saat deklarasi, sebagai pegangan bagi semua anggota," ucapnya. 
 
Berikut Manifesto Ikatan Jurnalis Indonesia (IKAJI) 

"Jurnalisme adalah pilar demokrasi yang keempat. Sebagai pilar, maka jurnalisme menjadi penyangga yang sangat penting bagi keberlangsungan demokrasi. Jurnalisme harus berpijak kepada kebenaran dan memihak kepada kepentingan publik, bukan kepentingan politik dan ekonomi sesaat. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut