get app
inews
Aa Read Next : 84 PTS Terancam Ditutup, Komisi X DPR Minta Kemendikbud Turun Tangan Bantu Mahasiswa

Kampus Merdeka dan Kesiapan Terjun ke Dunia Kerja

Senin, 16 September 2024 | 19:25 WIB
header img
Ilustrasi belajar. (Foto: IST)

Mengantarkan Mahasiswa Siap Kerja

Benar-benar saling menguntungkan dengan adanya program MBKM ini, banyak dari mahasiswa yang ditarik kembali untuk bekerja di sekolah ataupun instansi yang pernah mereka tempati. Hal ini akan memudahkan pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul yang siap memberikan inovasi dimanapun mereka bekerja nantinya.

Tentunya program-pogram MBKM yang dirancang ini dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik baik untuk kampus, mahasiswa, maupun lembaga terkait. Universitas Diponegoro, sebagai salah satu Pergutuan Tinggi Nasional menanggapi bahwa program MBKM ini merupakan salah satu langkah maju yang diambil dalam kemajuan pendidikan Indonesia.

Tentunya demi terealisasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan dalam menjalankan program-program tersebut agar program MBKM ini benar-benar dapat terealisasi dengan baik. Perbaikan yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan pengembangan infrastruktur digital yang memadai agar sistem MBKM tidak mengalami ganguan dan memudahkan dalam hal administrasi.

Selain itu juga perlu diperhatikan dan dipahamkan kepada pihak kampus dan mahasiswa agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif dan efisien.  Dan yang tidak kalah penting adalah peningkatan dalam hal menjalin kerjasama dengan industri dan lembaga lain.

Hal demikian perlu dilakukan karena untuk membuktikan bahwa program MBKM ini benar-benar mendatangkan manfaat bagi pihak manapun, salah satunya mahasiswa. Sudah banyak mahasiswa yang memiliki latar belakang kurang mampu dalam hal ekonomi namun dapat merasakan bangku kuliah, dan diharapkan mereka juga langsung bisa merasakan dunia kerja setelah kuliah dengan akses yang mudah melalui program MBKM ini.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut