get app
inews
Aa Read Next : Seorang Pelajar Putri di Kudus Tertabrak Truk Tronton, Tewas di Tempat

Resmi! RSWN Semarang Luncurkan Program Deteksi Kesehatan Mental Bagi Pelajar

Rabu, 24 Juli 2024 | 23:31 WIB
header img
RSWN Semarang Luncurkan Program Deteksi Kesehatan Mental Bagi Pelajar. Foto: Dok

SEMARANG, iNews.Jatenginro.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Rumah Sakit Daerah KRMT Wongsonegoro Kota Semarang terus berinovasi untuk melayani masyarakat. Terbaru, Selasa (23/7) Pemkot Semarang meluncurkan program untuk mendeteksi kesehatan mental siswa-siswi SMP bernama Wongso Sultan Mataram. Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi program tersebut mengingat pentingnya deteksi dini kesehatan mental remaja di Kota Semarang.

"Ini merupakan sistem atau aplikasi terkait dengan kesehatan mental remaja. Kesehatan mental menjadi yang utama, karena kalau pendidikan sekolah biasa, akademik masih bisa dipelajari. Tetapi kalau namanya mental ini kan kita harus deteksi awal," ujar mbak Ita sapaan akrabnya. Terlebih kini semakin banyak ditemukan kasus bunuh diri atau bullying di lingkungan sekolah.

Dirinya menambahkan bahwa aplikasi ini sangat penting untuk menyiapkan generasi emas 2045 agar anak-anak Semarang memiliki kesehatan mental yang baik. "Sehingga kita harapkan memang menjadi anak-anak yang hebat sesuai kompetensi masing-masing," tambahnya.

Program ini mengembangkan SDQ (Strength and Difficulties Questionnaire) digital yang diberi nama WONGSO SULTAN MATARAM dalam aplikasi MY RSWN yang dapat diunduh dari Play Store. SDQ digital ini adalah kuesioner singkat mengenai atribut positif dan negatif anak dan remaja yang terdiri dari 25 item.

Hasil penelitian deskriptif terhadap 578 pelajar SMP di Semarang yang dilakukan oleh dr. Fitri Hartanto dan dr. Hendriani Selina, menunjukkan bahwa masalah emosi ditemukan pada 18,5% siswa, perilaku 13,9%, total difficulties 9,1%, prososial 8,1%, hiperaktif 4,9%, dan peer group 3,8%. Studi awal penggunaan aplikasi SDQ digital di dua SMP juga menemukan lima siswa yang memerlukan bimbingan dengan psikiater di RSWN.

Direktur RSWN, dr. Eko Krisnarto, menjelaskan bahwa aplikasi ini adalah bagian dari program Rumah Sakit Tanpa Dinding (RSTD) RSWN. "Ini adalah implementasi rumah sakit tanpa dinding RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang sebagai pusat layanan konsultasi, terapi, dan rehabilitasi kesehatan mental remaja Kota Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan generasi emas," jelas Eko. Aplikasi ini memungkinkan siswa SMP untuk mengisi kuesioner yang terdiri dari 25 item, yang akan membantu menilai gangguan perilaku, gangguan peer group, dan gangguan emosional.

"Sasarannya yakni semua SMP, semua siswa SMP mengisi kuesioner tersebut. Kemudian kita kumpulkan dan screening lagi. Setelah diisi, guru BK akan mencocokkan melihat hasilnya dan bekerja sama dengan psikolog untuk menentukan langkah selanjutnya," ujar Eko. Nantinya bila ditemukan siswa yang membutuhkan pendampingan, pihaknya juga akan melibatkan psikiater maupun psikolog yang bekerjasama dengan Universitas Soegijapranata agar siswa-siswi tersebut memperoleh perhatian lebih.

Pada kesempatan ini, RSWN juga menggandeng serta guru BK sebagai mitra di sekolah dan TP PKK yang mendampingi para remaja di lingkungan rumah. Keluarga memiliki peran penting dalam mencegah gangguan kesehatan mental remaja dan menyebutkan bahwa faktor-faktor seperti kurangnya perhatian anggota keluarga, tuntutan orang tua yang berlebihan, serta seringnya pertengkaran orang tua dapat memicu gangguan tersebut.

Dengan peluncuran aplikasi WONGSO SULTAN MATARAM, RSWN berharap dapat memberikan solusi preventif dan promotif untuk kesehatan mental remaja di Kota Semarang.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut