get app
inews
Aa Read Next : Manajemen MNC Vision Buka Suara Soal Saham yang Terbang 82 Persen di Tahun 2024

4,45 Miliar Saham Rencana Private Placement Disetujui RUPSLB MNC Bank

Jum'at, 21 Juni 2024 | 21:30 WIB
header img
MNC Bank resmi jual menerbitkan 4,45 miliar saham untuk private placement. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui rencana aksi korporasi, yakni Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau Private Placement. Rencananya, perseroan akan menerbitkan 4,45 miliar saham untuk agenda tersebut.

Menurut Presiden Direktur MNC Bank Rita Montagna, private placement tersebut untuk meningkatkan struktur permodalan perseroan.

"Perseroan akan menerbitkan sebanyak-banyak sejumlah 4,45 miliar saham baru seri B dengan nilai nominal Rp50 per saham, atau sebanyak-banyaknya 10 persen dari modal disetor Perseroan," ujar Rita dalam RUPST MNC Bank di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Rita menjelaskan, jumlah saham beredar perseroan akan bertambah sehingga meningkatkan likuiditas perdagangan saham BABP.

Manfaat lainnya adalah dengan adanya private placement ini, perseroan dapat mengundang investor-investor strategis yang berminat menginvestasikan modalnya dalam perseroan agar dapat memberikan nilai tambah bagi kinerja MNC Bank.

Terakhir, private placement juga dapat meningkatkan pemberian kredit perseroan.

Dalam RUPST, MNC Bank mengungkapkan pencapaian cemerlang atas kinerja pada tahun buku 2023. Perseroan berhasil meningkatkan aset menjadi Rp18,1 triliun, tumbuh 7,62 persen year-on-year (yoy) dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp16,9 triliun. 

Dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun MNC Bank mencapai Rp13,4 triliun, dengan penyaluran kredit hingga Rp10,3 triliun pada tahun 2023. 

Laba bersih tercatat meningkat 48,4 persenyoy dari Rp52,5 miliar menjadi Rp77,9 miliar pada akhir 2023. RUPST menyetujui seluruh laba bersih dibukukan sebagai laba ditahan untuk memperkuat permodalan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut