get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa UPGRIS Kenalkan Camilan Sehat Keripik dari Gedebog Pisang

Mahasiswa Upgris Gelar Penyuluhan Pencegahan DBD Melalui Tanaman Herbal Serai

Rabu, 28 Februari 2024 | 14:17 WIB
header img
UPGRIS menggelar kegiatan penyuluhan dan pelatihan bertema pencegahan nyamuk melalui tanaman herbal serai bagi masyarakat Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Tim Projek Kepemimpinan Matematika B Kelompok 2 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I 2023 Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar kegiatan penyuluhan dan pelatihan bertema pencegahan nyamuk melalui tanaman herbal serai bagi masyarakat Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang melalui kelompok PKK RT 5 RW 8.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengendalian nyamuk, terutama sebagai upaya dalam mencegah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk seperti demam berdarah Dengue (DBD).

Acara ini disambut hangat oleh kelembagaan sekitar yaitu RT dan RW sekaligus kelompok PKK RT 5 RW 8 Pandean Lamper. 

“Kami mengapresiasi kedatangan dari tim Projek Kepemimpinan Matematika UPGRIS. Dengan adanya kegiatan ini, kami selaku masyarakat mengetahui adanya potensi tanaman serai atau salah satu tanaman obat keluarga secara lebih kompleks dan penerapannya sekaligus. Kami antusias belajar bersama dengan tim dari UPGRIS untuk menjadikan serai ini menjadi produk anti nyamuk yang dapat dimanfaatkan bagi lingkungan sekitar,” tutur Indah Nur Lisdiyana selaku ketua PKK setempat, Selasa (27/2). 

Dalam kesempatan ini, tim bersama kelompok PKK bercurah gagasan mengenai kondisi lingkungan sekitar yang banyak nyamuk dan semakin parah akibat kondisi musim penghujan. Ketua PKK dibantu oleh tim Projek menyampaikan keinginan serta semangatnya untuk menciptakan lingkungan bebas nyamuk melalui tiga langkah utama yaitu menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk (3M), serta menambahkan langkah pemanfaatan tanaman herbal serai sebagai bagian dari pengendalian nyamuk (3M Plus).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut