get app
inews
Aa Read Next : Ditreskrimum Polda Jateng Tetapkan 6 Taruna Jadi Tersangka Kasus Penganiayaan di PIP Semarang

Berikut Cara Daftar PIP 2024 untuk Siswa SMA dan SMK yang Perlu Diketahui

Selasa, 30 Januari 2024 | 21:01 WIB
header img
Siswa menunjukkan PIP 2024. (IST)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id – Berikut ini cara mendaftar PIP 2024 untuk siswa SMA dan SMK yang harus diketahui. Kamu tergolong siswa SMA atau SMK yang kurang mampu tetapi berkeinginan melanjutkan studi? Daftar Dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 bisa menjadi solusi. 

Untuk diketahui, dana bantuan PIP 2024 buat siswa SMA dan SMK sederajat mengalami kenaikan. Kenaikan itu, dari porsi Rp 1 juta di tahun-tahun sebelumnya menjadi Rp1,8 juta pada tahun ini. 

Dengan adanya PIP, siswa SMA atau SMK dari keluarga kurang mampu diharapkan tidak putus sekolah dan bisa mengejar pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Artikel kali ini secara khusus membahas cara mendaftar PIP 2024. 

Cara Daftar PIP Kemendikbud 2024 

Cara daftar PIP untuk siswa SMA dan SMK sederajat dilakukan dengan bantuan sekolah masing-masing. Mekanismenya, seperti ini: 

1. Pastikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dapat diakses pada nisn.data.kemdikbud.go.id. 

2. Siapkan dokumen berupa Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, rapor terakhir, KKS atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diterbitkan oleh RT/RW, dan surat pernyataan penerima program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari sekolah. 

3. Membawa seluruh berkas ke institusi pendidikan yang dituju. 

Petugas akan membantu mendaftarkan dan tunggu proses verifikasi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut