get app
inews
Aa Read Next : Nana Sudjana Bakal Tindak Lanjut ASN Jateng yang Tidak Netral Dalam Pilkada 2024

Menteri PANRB Sebut Pemerintah akan Pindahkan 3.246 ASN ke IKN Mulai Juli 2024

Minggu, 17 Desember 2023 | 13:56 WIB
header img
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pemerintah akan mulai memindahkan 3.246 Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN mulai Juli 2024. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pemerintah akan mulai memindahkan 3.246 Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahap pertama. Pemindahan tersebut akan dimulai pada bulan Juli hingga November 2024 mendatang. 

Azwar Anas menjelaskan, pemindahan secara bertahap ini dilakukan mengingat keterbatasan infrastruktur dan hunian yang rampung lebih dahulu pada pembangunan tahap awal hingga tahun tersebut.

"ASN yang pindah pertama nanti dari 37 Kementerian/Lembaga (K/L). Rencananya sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka," ujar Azwar Anas dalam keterangan tertulisnya dikutip, Minggu (17/12/2023).

Azwar Anas menambahkan, pemindahan ASN ke IKN bukan hanya sekadar relokasi fisik, tetapi juga sebuah transformasi dalam budaya kerja dan pelayanan publik. Dia pun meminta setiap K/L mempersiapkan SDM yang akan pindah sesuai dengan kebutuhan jabatan dan layanan berdasarkan kompetensi masing-masing. 

Menurutnya, pemindahan ASN ke IKN merupakan langkah strategis dalam memperkuat administrasi publik dan mendukung visi pembangunan nasional. Pemindahan IKN sekaligus menjadi momentum penerapan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut