get app
inews
Aa Read Next : Nana Sudjana Bakal Tindak Lanjut ASN Jateng yang Tidak Netral Dalam Pilkada 2024

Pemerintah Izinkan ASN WFH pada 16-17 April, Ini Alasannya

Minggu, 14 April 2024 | 07:58 WIB
header img
ilustrasi ASN WFH di 16-17 April (freepik)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Pemerintah mengizinkan aparatur sipil negara (ASN) work from home (WFH) pada Selasa-Rabu, 16 dan 17 April 2024. Keputusan itu dilakukan demi memecah kemacetan di arus mudik Lebaran 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik keputusan tersebut. Nantinya, kementerian/lembaga terkait harus menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (WFH).

 “Pada saat arus mudik yang lalu, di saat puncak tanggal 6-7 April 2024, beberapa ruas jalan tol sangat padat. Bahkan volume to capacity ratio atau VC Ratio hampir mencapai 1 yang artinya kecepatan kendaraan sangat lambat bahkan hampir berhenti, meskipun sudah dilakukan rekayasa lalu lintas," katanya di Semarang, Sabtu (13/4/2024).

Ia berharap keputusan ini dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya ASN untuk tidak kembali secara bersamaan pada tanggal 14 dan 15 April 2024. Para ASN dapat kembali pada tanggal 16 atau 17 April atau bahkan sebelum puncak arus balik.

"Sudah ada keputusan dari Menteri PanRB bahwa akan ada WFH dua hari (16 dan 17 April). Silakan ASN dapat memanfaatkan dengan menunda balik karena masih ada waktu. Namun pastikan bahwa Kamis dan Jumat sudah masuk seperti biasa, sehingga tidak menggangu pekerjaan," tuturnya.

 Sebagai informasi kebijakan dua hari WFH bagi ASN bertujuan untuk menampung antusiasme mudik yang luar biasa besar, karena ditopang aksesibilitas yang semakin baik di berbagai penjuru Tanah Air. Sehingga pemerintah memandang perlu untuk melakukan penyesuaian kerja ASN sebagai bagian dari manajemen arus mudik.

Diharapkan dengan kebijakan ini arus balik bisa semakin lancar, tidak ada penumpukan yang menimbulkan kemacetan panjang.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut