get app
inews
Aa Read Next : BNPB Laporkan 22 Kejadian Bencana Melanda Sepekan Terakhir, Banjir Masih Mendominasi

PDAM Pastikan Distribusi Air Bersih Tersedia untuk Wilayah Terdampak Banjir di Kota Semarang

Rabu, 29 November 2023 | 19:08 WIB
header img
Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang pada hari Senin (27/11) malam mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Semarang terdampak bajir, salah satunya di wilayah Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan dan Muktiharjo Lor, Kecamatan Genuk.

SEMARANG.iNewsJatenginfo.id - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang menjamin ketersediaan air bersih untuk distribusi di beberapa lokasi terdampak banjir. Dirut PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Yudi Indardo mengatakan, keperluan air bersih merupakan hal penting dalam kondisi tanggap bencana.

Kebutuhan air bersih tersebut merupakan kewenangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang. Pihaknya melakukan pengiriman sesuai dengan instruksi instansi kebencanaan tersebut.

"Kebutuhan dalam penanganan bencana ada di BPBD. Misalnya butuh air untuk bersih-bersih jalan biasanya yang ditunjuk Perkim dan PU, kami untuk konsumsi, mandi, dan bersih-bersih dalam rumah," kata Yudi, dihubungi melalui panggilan seluler, Rabu (29/11).

Meski di bawah kendali BPBD Kota Semarang, pihaknya menyatakan kesiapan stok air bersih apabila dibutuhkan untuk memenuhi keperluan masyarakat terdampak bencana. "Pada intinya kami standby, apabila BPBD perintah butuh tangki air bersih di lokasi terdampak, kami siap kirim," katanya.

Yudi menjelaskan, alasan terpusat satu pintu atau di bawah kendali operasi BPBD Kota Semarang yaitu, memudahkan pendataan terkait masyarakat yang membutuhkan air bersih.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut