get app
inews
Aa Read Next : Al-Quran Petunjuk bagi Manusia dan Pembeda

Hari Ini Milad Muhammadiyah ke- 111, Inilah Sejarah dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Sabtu, 18 November 2023 | 09:03 WIB
header img
Sejarah kelahiran Muhammadiyah.(Foto: Istimewa/Okezone)

JAKARTAiNewsJatenginfo.id - Organisasi Islam tertua di Indonesia Muhammadiyah tengah memperingati milad ke-111 tahun pada 18 November 2023 hari ini. Milad organisasi yang memiliki pengikut besar di Indonesia ini mengusung tema "Ikhtiar Menyelamatkan Semesta".

Sejarah dan perkembangan organisasi Islam Muhammadiyah banyak dicari. Oleh karena itu, artikel ini akan dibahas mengenai sejarah kelahiran dan perkembangan ormas Muhammadiyah. 

Sebagaimana dikutip dari situs Muhammadiyah, kelahiran dan keberadaannya tak lepas dan merupakan manifestasi dari gagasan pemikiran dan perjuangan Muhammad Darwis atau yang lebih dikenal dengan Kiai Haji Ahmad Dalan sebagai pendirinya.

Setelah menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dan bermukim yang kedua kalinya pada 1903, Kiai Dahlan mulai menyemaikan benih pembaruan di Indonesia. Gagasan pembaruan itu diperolehnya ketika berguru kepada ulama-ulama Indonesia yang bermukim di Mekkah seperti Syekh Ahmad Khatib dari Minangkabau, Kiai Nawawi dari Banten, Kiai Mas Abdullah dari Surabaya, dan Kyai Fakih dari Maskumambang.

Gagasan pembaruan juga didapatkan Kiai Dahlan setelah membaca pemikiran-pemikiran seperti Ibnu Taimiyah, Muhammad bin Abdil Wahhab, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, dan Rasyid Ridha.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut