get app
inews
Aa Read Next : Sinergi Dosen-Mahasiswa UMS: MBKM Proyek Kemanusiaan Banjir Demak

Lapak Liar dan Sampah yang Menghambat Saluran Air Menjadi Penyebab Banjir di Kaligawe Semarang

Jum'at, 17 November 2023 | 05:54 WIB
header img
Cek penyebab banjir di Kaligawe Semarang, Satpol PP temukan lima lapak liar menutup saluran air dan tumpukan sampah. Foto: ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id Satpol PP Kota Semarang ikut serta dalam penanganan banjir di sekitar Jalan Kaligawe Raya, Kelurahan Terboyo Kulon, Kecamatan Genuk.

Pada Kamis (16/11) malam, Satpol PP melakukan pemeriksaan kondisi saluran mulai dari Jembatan Kaligawe hingga arah RS Sultan Agung Semarang. Hasilnya, Satpol PP menemukan lima lapak pedagang liar yang menutup saluran air, ditambah dengan tumpukan sampah yang cukup banyak.

"Kita cek malam hari ini dalam posisi banjir dan hujan. Dalam 3 hari terakhir hanya hujan sebentar tapi daerah Kaligawe langsung banjir. Ternyata ada lima lapak liar pedagang. Lalu ada pula banyak tumpukan sampah," kata Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto SH MM, usai pengecekan. 

Fajar menjelaskan bahwa keberadaan lapak tersebut jelas melanggar Pasal 13 Peraturan Daerah (Perda) No 5 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum. Dia berencana untuk memerintahkan lurah setempat memberikan teguran kepada pedagang dan akan melanjutkan dengan pembongkaran lapak pada hari Senin (21/11) mendatang.

"Senin (21/11) lapaknya kita bongkar. Karena kalau endak dibongkar nanti daerah Kaligawe banjir dan saluran air endak normal," jelasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut