get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng – Fujian Tingkatkan Kerjasama Diberbagai Bidang, 21 Tahun Jalin Hubugan

Pemprov Jateng Tingkatkan Operasi Pasar dan Bagikan 3.000 Benih Cabai Gratis

Senin, 13 November 2023 | 21:18 WIB
header img
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus meningkatkan program operasi pasar dan gerakan pasar murah di wilayahnya. Selain itu, juga membagikan 3.000 benih cabai secara gratis kepada masyarakat. Foto: jatengprov.go.id

Dalam kesempatan itu, Nana juga menginstruksikan kepada Satgas Pangan daerah dan kepolisian untuk lebih intens memantau harga pasar, khususnya harga kebutuhan pokok atau volatile food, yang berpotensi menyumbang inflasi. Dengan pemantauan itu, pemerintah bisa mengindentifikasi penyebab kenaikkan harga, apakah karena distribusinya atau memang kekurangan pangan, sehingga bisa segara dilakukan tindakan cepat apabila terjadi gejolak harga.

“Kita juga akan cari solusi, untuk menstabilkan kembali harga-harga pangan yang ada di masyarakat ini,” tegas Nana.

Diketahui, setidaknya ada lima komoditas yang mengalami gejolak harga. Di antaranya beras medium, beras premium, cabai rawit, cabai merah, dan gula. Lima komoditas itu menjadi fokus dalam operasi pasar yang akan dilakukan mulai tengah pekan ini.

Di samping itu, juga akan dilakukan pantauan dan evaluasi beberapa daerah dengan IPH tinggi. Saat ini ada empat daerah dengan IPH tinggi yang menjadi perhatian khusus Pj Gubernur Jawa Tengah. Yaitu Cilacap, Kebumen, Blora, dan Kita Tegal.

“Empat (daerah) ini yang akan kami lakukan evaluasi dan kami juga akan lakukan langkah-langkah intervensi, supaya harga-harga itu segera normal atau stabil kembali,” kata Nana.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut