get app
inews
Aa Read Next : Al-Quran Petunjuk bagi Manusia dan Pembeda

Pembekalan Ideopolitor Muhammadiyah Kab. Tegal: Mendudukkan Politik Secara Proporsional

Selasa, 07 November 2023 | 23:57 WIB
header img
Majelis Pemberdayaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Kab. Tegal menggelar pembekalan Ideopolitor (Ideologi, Politik dan Organisasi) Muhammadiyah di STIKESMU Kab. Tegal, Minggu (5/11/2023). Foto: Ist

TEGAL, iNewsJatenginfo.id – Majelis Pemberdayaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Kab. Tegal menggelar pembekalan Ideopolitor (Ideologi, Politik dan Organisasi) Muhammadiyah di STIKESMU Kab. Tegal, Minggu (5/11/2023). Para narasumber terkemuka dari latar belakang beragam telah menyajikan wawasan mendalam mengenai peran politik dalam Muhammadiyah, mengarah pada cara-cara yang proporsional.

Dibuka oleh Prof. Ma’mun Murod Al-Barbasyi, seorang tokoh dan Rektor dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, fokus acara adalah mengecangkan Gerakan Dakwah Kultural di Muhammadiyah. Beliau menyerukan mobilisasi kultural yang kuat kepada kader-kader Muhammadiyah yang terlibat dalam Pemilu Legislatif, dengan harapan suara warga Muhammadiyah didedikasikan bagi para kader sesuai dengan arahan Rakernas LHKP, “satu dapil satu kader.”

Pada sesi berikutnya, Wahyuddin Noor Aly dari ALEG Provinsi Jateng Fraksi PAN dan Zaenuddin Ahfandi, Calon Anggota Legislatif, menyoroti pentingnya menjadi kader politik yang tidak hanya bernilai tetapi juga memahami sistem pemilihan terbuka proporsional. Mereka memberikan pandangan yang kuat mengenai strategi politik yang harus diadopsi oleh kader Muhammadiyah.

Prof. Zakiyuddin Baidhawy, seorang tokoh pendidikan dan Rektor IAIN Salatiga, menekankan pada pentingnya implementasi risalah Islam yang berkemajuan namun tetap berlandaskan pada ilmu pengetahuan. Beliau memperkuat hubungan antara agama dan pengetahuan sebagai landasan yang tak terpisahkan dalam memajukan politik yang proporsional.

Dodok Sartono, Sekretaris PWM Jateng, menyoroti fokus PWM yang disebutnya sebagai “Komitmen, Kompak, Konsisten.” Beliau menekankan maksimalisasi prinsip 3J (Jama’ah, Jam’iyah, dan Jariyah) dalam konteks Muhammadiyah Jateng, menggarisbawahi pentingnya solidaritas dan kesatuan dalam gerakan politik Muhammadiyah.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut