get app
inews
Aa Read Next : BNNP Jateng Amankan Paket Ganja yang Akan Diedarkan Mahasiswa di Kampus Semarang

Inovatif, Mahasiswa UGM Ciptakan Teknologi Pengasapan Ikan Lele Rendah Polusi

Rabu, 04 Oktober 2023 | 16:03 WIB
header img
Mahasiswa UGM mengembangkan teknologi pengasapan ikan lele yang mamu meningkatkan kapasitas produksi serta rendah polusi (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Upaya pengembangan teknologi alat pengasapan ikan lele dilakukan oleh 5 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Inovasi ini dilakukan untuk menciptakan alat pengasapan ikan lele yang rendah polusi, serta tentunya kapasitas produksi meningkat.

"Alat ini dibuat untuk membantu meningkatkan produksi, kualitas, umur simpan, serta pengurangan polusi udara saat pengasapan ikan lele," kata Ketua pengembang alat Dinda Iffana Silma pada Selasa 3 Oktober 2023.

Pengembangan alat ini sendiri berawal dari keprihatinan terhadap persoalan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Wono Mina Sari, Desa Banyusari, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terkait pengasapan ikan lele.

"Lele asap ini permintaan cukup tinggi. Sayangnya pokdakan di Magelang ini melakukan pengasapan dengan cara konvensional dan alat seadanya yang membutuhkan durasi pengasapan lama," kata mahasiswa Teknik Kimia UGM ini. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut