get app
inews
Aa Read Next : Golkar Tunda Pengumuman Kepala Daerah hingga Munaslub setelah Airlangga Mundur

Rapat Pleno MUI Putuskan KH Anwar Iskandar Sebagai Ketua Umum, Gantikan KH Miftachul Akhyar

Selasa, 15 Agustus 2023 | 14:21 WIB
header img
Rapat pleno MUI (dok. MUI)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) adakan Rapat Pleno pasca KH Miftachul Akhyar mengundurkan diri. Keputusan menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI berdasarkan hasil rapat pleno MUI yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (15/8).

Ketua panitia rapat pleno MUI, KH Rofiqul Umam Ahmad menjelaskan keputusan ini akan dibawa ke Rapat Paripurna MUI.

“Rapat pleno menetapkan Bapak KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri,” kata Rofiq.

Penetapan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI ini juga berdasarkan usulan dari KH Miftachul Akhyar sendiri. PBNU juga menyetujui pergantian ini.

Selain sosok sepuh di PBNU, KH Anwar Iskandar sebelumnya menduduki Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Nantinya, KH Anwar Iskandar akan meneruskan masa kepemimpinan KH Miftachul Akhyar hingga 2025. Selama ini, kepemimpinan MUI di bawah kendali tiga Wakil Ketua Umum MUI yang dibagi per bidang. Tiga Wakil Ketua Umum MUI tersebut adalah Buya Anwar Abbas, KH Marsudi Syuhud, dan Buya Basri Bermanda.

Rapat Paripurna nanti akan dihadiri Dewan Pertimbangan MUI, Dewan Pimpinan MUI serta Ketua dan Sekretaris Komisi, badan dan lembaga di bawah MUI. Anggota Dewan Pertimbangan MUI terdiri atas pimpinan level pusat ormas Islam di Indonesia.

Rapat pleno MUI digelar di Hotel Bidakara Jakarta dan dihadiri jajaran Dewan Pimpinan MUI serta Ketua dan Sekretaris Komisi, badan dan lembaga di lingkungan MUI.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut