get app
inews
Aa Read Next : Agus Gumiwang Ditunjuk Golkar Untuk Gantikan Airlangga Hartarto Jadi Plt Ketua Umum

Golkar Tunda Pengumuman Kepala Daerah hingga Munaslub setelah Airlangga Mundur

Selasa, 13 Agustus 2024 | 22:40 WIB
header img
Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar Idrus Marham (Foto: Felldy Utama)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Pengumuman sejumlah calon kepala daerah (cakada) yang belum diputuskan akan disampikan usai Munaslub Golkar. Saat ini, Golkar segera menentukan Plt Ketua Umum.

Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar Idrus Marham menjelaskan keputusan ini diambil usai mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

"Semua yang sudah diputuskan, sekali lagi itu adalah keputusan institusi, nggak ada masalah. Tetapi yang belum diputuskan, termasuk Banten karena memang masih dalam suatu proses-proses, tentu akan menunggu, itu aja," kata Idrus dalam jumpa persnya di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Oleh karena itu, Idrus berharap agar pelaksanaan Munaslub itu bisa digelar secepatnya. Ia tak ingin, masalah ini justru  menganggu teknis pengelolaan Pilkada oleh DPD DPD yang ada di bawah.

Menurut dia, percepatan pelaksanaan Munas ini juga pernah dilakukan pada saat penetapan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum secara aklamasi, dan melanjutkan sisa kepengurusan hasil Munas tahun 2014. 

"Nah kalau kita berkaca di situ, maka untuk besok ini gak begitu susah, katakanlah rapat pada hari ini, pengesahan terhadap penunduran diri Airlangga ditetapkan, menentukan Plt, menentukan waktu Munas," ujarnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari jabatannya. Airlangga menegaskan langkah ini diambil untuk menjaga keutuhan partai dan memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan datang.

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim," ujar Airlangga dalam keterangan video yang diterima iNews, Minggu (11/8/2024).

Airlangga juga menekankan pentingnya menjaga soliditas dan kesinambungan di tubuh partai, terutama dalam menghadapi dinamika politik yang semakin kompleks. 

"DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku. Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar," kata Airlangga.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut