get app
inews
Aa Read Next : Tiga Bulan Beroperasi, RS UNIMUS Raih Akreditasi Paripurna dengan Layanan Unggulan

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkot Semarang Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Senin, 20 Maret 2023 | 19:07 WIB
header img
Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN tahun 2023, Pemerintah Kota Semarang menggelar kegiatan bersih pantai, penanaman cemara laut dan tukar botol dengan tanaman. Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Tirang, Minggu (19/3) juga menjadi salah sat

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN tahun 2023, Pemerintah Kota Semarang menggelar kegiatan bersih pantai, penanaman cemara laut dan tukar botol dengan tanaman. Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Tirang, Minggu (19/3) juga menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi ke-476 Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin yang bertindak sebagai inspektur apel mengingatkan peran kunci setiap individu sebagai tokoh utama untuk tidak menghasilkan sampah atau wegah nyampah.

“Fokus utamanya adalah pengurangan sampah, optimalkan guna ulang barang serta penerapan prinsip wegah nyampah secara maksimal. Fokus ini menjadi poin penentu untuk masuk pada poin selanjutnya yakni pilah dan kelola sampah,” tegas Iswar.

Hal tersebut disampaikan Iswar di hadapan kurang lebih 1.000 peserta apel serta warga masyarakat yang sedang berwisata di Pantai Tirang.

Pantai sebagai tempat rekreasi, menurut Iswar, justru sering menjadi tempat berlabuhnya sampah yang tak terkelola secara benar. Untuk itu, upaya pengurangan dan pengelolaan sampah secara tuntas harus dilakukan agar tak berakhir di TPA atau terbawa arus ke pantai dan lautan. Di antaranya dengan pilah sampah dari rumah, mengkompos, budidaya magot, membuat eco enzyme, lubang biopori dan setor sampah.

“Tuntas kelola sampah dari sumber harus didahulukan bukan hanya melepas tanggung jawab pada petugas kebersihan atau bank sampah semata,” tegas Iswar.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut