get app
inews
Aa Read Next : Kader PDIP Jawa Tengah Inginkan Bambang Pacul Maju Pilgub Jateng 2024

Sosialisasi 4 Pilar untuk Jaga Persatuan, Mas Vino Ajak Warga Bergotong-royong

Kamis, 09 Maret 2023 | 11:47 WIB
header img
Sosialisasi empat pilar MPR RI di gedung DPRD Kota Salatiga.(ist)

SALATIGA, iNewsJatenginfo.id - Anggota komisi V DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan daerah pilihan (Dapil) Jawa Tengah 1 Mochamad Herviano Widyatama, menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI di gedung DPRD kota Salatiga, Rabu (8/03/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Mas Vino, sapaan akrab Herviano, mengajak warga Salatiga untuk senantiasa bergotong dan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Mari kita bergotong -royong, dan menghargai perbedaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ajak Mas Vino.

Dia menjelaskan, empat pilar yang disosialisasikannya ini adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Nilai-nilai luhur itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan dan Bhinneka Tunggal Ika. Penyebutan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara menurut Vino, tidaklah dimaksudkan bahwa keempat pilar tersebut memiliki kedudukan yang sederajat. Sebab setiap pilar memiliki tingkat, fungsi, dan konteks yang berbeda. Dalam hal ini, posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara.

“Pengamalan nilai-nilai empat pilar diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri,” tegas Vino.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut