get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Nobar di Simpanglima, Dukung Timnas Indonesia hadapi Irak

Harmoni Persatuan Indonesia Menuju Indonesia Sejahtera Dalam Perspektif Islam

Selasa, 07 Maret 2023 | 09:59 WIB
header img
Muhammad Arief Albani. Foto: Ist

Indonesia merupakan sebuah Negara yang kaya akan peninggalan “pitutur luhur” para leluhurnya yang dapat dijadikan ilmu dalam membangun Indonesia Sejahtera.

Kertanegara meninggalkan cita-cita Cakrawala Mandala Dwipantara yang menginginkan persatuan dan kesatuan Nusantara. Begitu halnya selanjutnya diteruskan oleh Gajah Mada (jirnodhara) dengan cita-cita Hamukti Palapa yang juga menginginkan adanya persatuan kesatuan bangsa di Nusantara. Hingga saat ini seluruh elemen bangsa Indonesia meneruskan cita-cita tersebut menuju Indonesia Sejahtera melalui Harmonisasi Persatuan Indonesia.

Persatuan dalam negara tidak hanya persatuan antar umat Islam atau bahkan hanya persatuan antar sesama anggota organisasi atau kelompok semata. Persatuan kita adalah persatuan seluruh rakyat Indonesia (Persatuan Indonesia), demi kesatuan Negara Indonesia yang telah diperjuangakan oleh seluruh elemen bangsa Indonesia dari seluruh wilayah dan dari berbagai latar belakang Agama serta Suku Bangsa.

Persatuan dan Kesatuan Indonesia hendaklah dibangun dengan kesantunan, sebagaimana telah dicontohkan oleh para pendahulu kita di masa lampau. Sebagai contoh, salah satu “soko guru” (tiang utama) Masjid Agung Demak kita kenal dengan nama “soko/saka tatal”. Karena terdiri dari tumpukan potongan-potongan kayu (jawa = tatal) yang disusun dengan rapi kemudian disatukan dalam beberapa ikatan di beberapa bagiannya. Potongan-potongan kayu yang disusun tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa kala itu, yang dibawa oleh beberapa utusan. Hal tersebut menandakan bahwa kekuatan sebuah ikatan yang disatukan dengan kesantunan (kebaikan), Insya Allah akan menghasilkan sebuah ikatan kesatuan yang kuat dan saling menguatkan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut