get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Resmi Umumkan UMP di 2024, Provinsi Jawa Tengah Alami Kenaikan

Menaker Sebut Pengangguran Terbanyak di Kota, Ida Fauziyah: Tapi Kemiskinan di Desa

Rabu, 22 Februari 2023 | 10:21 WIB
header img
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut bahwa tingkat pengangguran paling banyak terdapat di perkotaan. Hal ini didominasi lulusan SMK/Sederajat ke atas.

Ida menuturkan, tingkat pengangguran di kota lebih besar daripada di desa. Namun, yang terjadi saat ini tingkat kemiskinan paling besar terjadi di pedesaan.

"Ini ironi, pengangguran kita terbanyak di kota, tapi kemiskinan bukan di kota yang terbanyak, kemiskinan terbesar di Desa," ujar Ida dalam sambutannya pada acara revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, Selasa (21/2/2023).

Dia menjelaskan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di perdesaan hanya 3,43 persen. Namun tingkat kemiskinan di desa lebih besar daripada di kota, mencapai 12,36 persen.

"Tingkat Pengangguran Terbuka yang relatif tinggi di perkotaan ada pada kelompok usia muda dan pendidikan menengah-tinggi," tuturnya.

Ida menilai masih banyak pekerja di Indonesia yang bergerak pada sektor dan lapangan pekerjaan yang kurang produktif dan berketerampilan rendah. Hal ini menyebabkan peningkatan skill sulit untuk diterapkan dari pekerjaan yang dijalankan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut