Logo Network
Network

Kasus Sekeluarga Diracun di Magelang Gempar, Berikut 7 Tips Menolong Korban Keracunan

Dekur
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 09:56 WIB
Kasus Sekeluarga Diracun di Magelang Gempar, Berikut 7 Tips Menolong Korban Keracunan
Magelang gempar dengan kasus sekeluarga diracun, berikut 7 tips menolong korban keracunan. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Megelang gempar dengan kasus sekeluarga diracun, berikut 7 tips menolong korban keracunan. Keracunan sendiri adalah cedera atau kematian karena menelan, menghirup, menyentuh atau menyuntikkan berbagai obat, bahan kimia, racun atau gas.

Banyak zat, contohnya obat-obatan dan karbon monoksida beracun hanya dalam konsentrasi atau dosis yang lebih tinggi. Sementara jenis pembersih tertentu hanya berbahaya jika tertelan, sementara yang lain juga mengeluarkan gas atau asap beracun.

sekeluagra yang terdiri dari 3 orang ditemukan tewas pada Senin (28/11/2022). Tewasnya satu keluarga ini, diduga kuat akibat diracun di rumahnya sendiri, yang berlokasi di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Tiga orang korban semuanya diketahui ditemukan di tiga kamar mandi.

“Terdiri dari bapak usia 58 tahun, ibu usia 54 tahun dan anak pertama jenis kelamin perempuan berusia 25 tahun,” kata Plt. Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun di kantornya melalui keterangan Humas Polda Jawa Tengah.

Tanda-tanda keracunan umumnya bisa berupa ada luka bakar atau kemerahan di sekitar mulut dan bibir, napas yang berbau seperti bahan kimia, seperti bensin atau tiner cat, muntah, kesulitan bernafas, mengantuk, dan kebingungan atau perubahan status mental lainnya.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menolong orang yang keracunan adalah menghubungi pihak darurat seperti petugas medis, rumah sakit, atau ambulans. Kemudian, sambil menunggu bantuan datang, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini, sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic,
Tips menolong korban keracunan:

1. Racun yang tertelan: Buang atau singkirkan apa pun yang tersisa di mulut orang yang keracunan Jika racun yang dicurigai adalah pembersih rumah tangga atau bahan kimia lainnya, baca label di wadah dan ikuti petunjuk untuk keracunan yang tidak disengaja.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.