get app
inews
Aa Read Next : Mau Musim Penghujan, Pelajar dan Warga Pemalang Keluhkan Minimnya Halte

Unik! Bus Penumpang Disulap Jadi Bus Towing Dilengkapi Layar TV dan AC Viral, Netizen Tertipu

Kamis, 01 Desember 2022 | 14:52 WIB
header img
Bus Towing milik PO Primajasa. Foto : Tangkapan Layar

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id – Apa jadinya jika bus bekas disulap menjadi truk towing. Tentu bentuknya sangat aneh dan tidak lazim. Karena biasanya truk towing ini memiliki spesifikasi sendiri digunakan utnuk mengangkut kendaraan roda empat untuk perjalanan jauh.

Tapi, ini fakta. Ada truk towing yang dibuat dari memutilasi bus jadinya bus towing. Adalah Perusahaan Otobus (PO) Primajasa membuat heboh pencinta bus (busmania) di Indonesia dengan melakukan modifikasi bus bekas menjadi truk towing. bus yang digunakan ini sudah tidak beroperasi, lalu dimodifikasi sedemikian rupa.

Dikutip dari kanal YouTube Kang Yebe, bus towing tersebut menggunakan sasis Hino AK yang biasa digunakan pada bus perkotaan. Biasanya, bus tersebut memiliki kapasitas penumpang mencapai lebih dari 30 orang.

Pemilik PO Primajasa Malik Mahpud menuturkan, awalnya bus towing tersebut ditujukan untuk membawa mobil 6x6 karena sulit mencari towing yang bisa membawa mobil sebesar itu.

“Sebenarnya mobil ini (bus towing) sudah jadi sejak dua tahun lalu (2019). Baru-baru ini, saja kita coba bermain di speed offroad, makanya kita kejar dari interior dan elektrikalnya itu sekitar 2 mingguan,” ujar Malik, seperti dikutip dari kanal YouTube JIP TV.

Dia mengungkapkan untuk pengerjaan bus towing tidak terlalu rumit karena PO Primajasa memiliki bengkel reparasi bodi. Dia mengatakan mesin depan yang digunakan pada sasis Hino AK sudah sangat cocok untuk dijadikan towing.

“Sebenarnya ini bus kota, grup kita juga, Mayasari Bakti sebagai induknya. Kebetulan sudah tidak dipakai karena transisi ke TransJakarta. Jadi strukturnya kita potong, untuk cowel depan dan belakang kita pesen dari (karoseri) Tentrem,” kata Malik.

Jika melihat dari tampilan luar, bus towing milik PO Primajasa memang sangat modern tak seperti bus lama. Terlebih tampilan depan menggunakan Avante H8 double glass yang membuat bus towing ini terlihat sangat menarik.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut