get app
inews
Aa
Read Next : Guru Penggerak : Mencetak Generasi Pemimpin Yang Berakhlak

Transformasi Teknologi Pendidikan, Langkah Nyata Menyongsong Bonus Demografi

Jum'at, 25 November 2022 | 09:29 WIB
header img
Transformasi Teknologi di Bidang Pendidikan. Foto: Ist

Transformasi Teknologi di Bidang Pendidikan

Transformasi teknologi begitu cepat yang berkembang terus menerus menyesuaikan ke segala lini kehidupan dan kebutuhan di masyarakat. Terkadang kita yang dipaksa untuk selalu menyesuaikan diri terhadap teknologi yang semakin hari membuat manusia semakin ketergantungan terhadap kebutuhan teknologi. Maka dari itu kontrol terhadap teknologi dalam kehidupan sangat diperlukan, tetapi ada hal positif hadirnya teknologi yaitu untuk memberikan kemudahan segala urusan manusia. Seperti halnya teknologi yang kali ini merambah ke dunia Pendidikan. Transformasi teknologi di bidang Pendidikan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek sebegai parameter penyesuaian teknologi yang positif dan menjadi sampel bahwa teknologi berkembang begitu sangat pesat juga dapat dimanfaatkan dengan optimal akan menjadi dampak yang baik untuk masyarakat.

Transformasi teknologi dibidang pendidikan juga sebuah upaya menjalankan sebuah amanat UUD Pasal 31 ayat (5) yang berbunyi “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”. Oleh karena itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengambil langkah yang cukup baik terkait transformasi teknologi di sektor pendidikan, hal ini merupakan langkah Pemerintah mengatasi krisis pembelajaran dan wujud solutif pasca pandemi tahun lalu. Mendikbudristek menjelaskan ada lebih 1,6 juta guru telah menggunakan Platform Merdeka Mengajar yang tentunya berdampak pada pengembangan diri yang lebih mandiri dan sesuai kondisi serta ada lebih dari 55 ribu konten terkait pembelajaran secara mandiri.

Zaman pembelajaran dari tahun ke tahun akan terus berkembang apa lagi di era global seperti ini memang perlu kita sesuaikan dengan setrategi jitu berbagai pola pembelajaran yang adaptif terus di kembangkan. Walaupun sebuah teknologi menjadi sebuah trobosan di era sekarang namun peran seorang guru tetap sangat diperlukan dan tidak dapat tergantikan secara langsung oleh teknologi. Oleh karena itu kaum akademisi dengan teknologi kedepannya akan terus berdampingan dengan menyesuaikan perkembangan dunia teknologi yang begitu cepat.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut