SMK Muhammadiyah Salaman Tampilkan Keberagaman Nusantara

Handy
.
Kamis, 24 November 2022 | 11:26 WIB
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jawa Tengah Nikmah Nurbaiti (kanan) saat memukul gong sebagai tanda pembukaan gelar karya nusantara di SMK Muhammadiyah Salaman. Foto: Ist

MAGELANG, iNewsJatenginfo.id - Salah satu upaya mewujudkan rasa cinta tanah air dan memperkuat jiwa  nasionalisme, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang menggelar pentas karya nusantara pada Selasa (22/11/2022).

Para pelajar dikenalkan keberagaman dari seluruh pelosok nusantara meliputi pakaian adat, jenis makanan dan tampilan kesenian seperti tarian serta lagu.

Kepala SMK Muhammadiyah Salaman Nurul Laili mengatakan bahwa acara yang bertajuk Gelar Karya Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini adalah bagian dari implementasi kurikulum merdeka, dimana ada peluang untuk memilih bentuk pembelajaran sesuai dengan potensi dan kemampuan sekolah masing - masing.
 
“Sekolah kami memiliki beberapa program keahlian salah satunya adalah keahlian kuliner, ini adalah salah satu cara untuk mengenalkan para pelajar dengan keanekaragaman jenis kuliner nusantara dan juga pemahaman terkait cara membuatnya,” katanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jawa Tengah Nikmah Nurbaiti yang hadir pada acara tersebut mengatakan, bahwa kegiatan gelar karya nusantara telah menunjukkan identitas Indonesia yang sebenar–benarnya, ada keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud proses internalisasi nilai - nilai pancasila dalam tindakan nyata,” katanya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini