get app
inews
Aa Read Next : 4 Mahasiswa RI Raih Juara Kompetisi Internasional Karya Inovatif dan Kreatif di Turki

Sering Merasa Kantuk? Coba Lakukan Hal Ini Untuk Mengusirnya

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:49 WIB
header img
Ilustrasi mengantuk. (Foto: Okezone)

PURWOKERTO, iNewsJatenginfo.id - Rasa mengantuk terutama ketika pembelajaran sering menyerang pelajar atau mahasiswa.

Mengantuk adalah kondisi ketika seseorang ingin tidur. Namun, sayangnya rasa kantuk ini sering datang disaat yang tidak tepat.

Tak hanya belajar saja, banyak orang biasa mengantuk ketika sedang bekerja, mengikuti seminar, mengemudikan kendaraan, atu kondisi lain yang menyebabkan suasana terasa bosan dan kaku.

Dilansir dari berbagai sumber, penyebab rasa kantuk ketika belajar bisa disebabkan karena kekurangan tidur atau waktu tidur yang terganggu.

Selain itu, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh uga menjadi penyebab utama hadirnya rasa kantuk. Dehidrasi akan memengaruhi kinerja otak, membuat tubuh merasa lemas, bahkan bisa menurunkan tingkat konsentrasi dalam melakukan aktivitas seperti ketika belajar.

Penyebab lain hadirnya rasa kantuk adalah hipersomnia. Hipersomnia adalah suatu kondisi yang membuat seseorang merasa lelah serta ingin tidur meskipun sudah tidur dengan waktu yang cukup pada malam hari.

Hipersomnia dapat terjadi dengan beberapa kemungkinan, diantaranya gangguan tidur seperti narkolepsi atau rasa mengantuk di siang hari dan sleep apnea atau interupsi dari pernapasan selama tidur.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut