get app
inews
Aa Read Next : Dimas Ghulam: Tantangan Guru dalam Mewujudkan Kehidupan yang Sejahtera

Sekolah Adalah Pusat Peradaban, Kepala SD di Boyolali Pujiono: Guru Harus Memberi Contoh Baik

Minggu, 16 Oktober 2022 | 20:22 WIB
header img
Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Boyolali, Pujiono.

BOYOLALI, iNewsJatenginfo.id - Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Boyolali, Pujiono menyampaikan dalam rapat koordinasi Guru dan Karyawan, (15/10/2022), bahwa sekolah merupakan pusat peradaban. Semua bisa dibentuk dari tempat tersebut. 

"Kenapa di sekitar kita banyak yang melanggar lalu lintas, main srobot tanpa antri, buang sampah sembarangan, tidak sopan, tidak tertib ibadah, berkata jorok? Itu semua merupakan produk gagalnya pendidikan," ucapnya.

Meski menurutnya ada juga beberapa faktor lainnya seperti keluarga dan lingkungan. Namun peran serta guru menurutnya sangat kuat dalam membentuk ketentuan keteraturan pada siswa khusunya.

"Tanda sukses pendidikan itu keteraturan, baik keteraturan pribadi maupun ketika sudah dilingkungan masyarakat. Semua itu peran Guru saat sekolah," tegasnya.

Ia menambahkan, semestinya para guru menyadarkan, memahamkan, membiasakan keteraturan. Sehinggs ketika dewasa pasti para siswa akan teratur.

"Karena guru adalah sumber dari keteraturan itu. Sudah selayaknya meneraturkan diri. Jika di kelas guru teratur menata kelas, menata buku, menata perkakas dan lainya, maka siswa juga otomatis akan mencontoh," ucapnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut