get app
inews
Aa Read Next : APMDN Resmi Deklarasi di Temanggung

APMDN Temanggung Resmi Dilantik, Tancap Gas Siapkan Sertifikasi Pendamping Desa

Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:06 WIB
header img
DPW APMDN Jawa Tengah memberikan pengarahan kepada para pengurus cabang Temanggung usai pelantikan. Foto dok. TPP P3MD Temanggung

Usai dilantik, Ketua DPC APMDN Temanggung, Rubiyanto, mengatakan pihaknya akan segera menginventarisasi dan mengonsolidasi TPP P3MD di wilayahnya untuk menyiapkan sertifikasi Pendamping Desa.

Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Parakan itu menerangkan jumlah TPP di Kabupaten Temanggung sebanyak 113 orang. Dari jumlah tersebut, terdiri dari Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang tersebar di 20 kecamatan dan 266 desa.

"Sertifikasi wajib bagi Pendamping yang menginginkan pekerjaannya berlanjut, karena tahun depan sudah tak ada lagi tenaga honorer pemerintah. Lebih dari itu, sertifikasi juga menjadi sarat rekrutmen PPPK bagi pendamping desa,” terangnya.

Lebih lanjut, Rubiyanto mengatakan, saat ini kuota sertifikasi untuk PLD di Jawa Tengah sebanyak 400 orang. Dari Temanggung, sebanyak 67 PLD akan mengikuti sertifikasi yang akan digelar pada tanggal 17, 26 Oktober dan 2 November. Dia berharap seluruh PLD di wilayahnya bisa lolos sertifikasi.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Ahli TPP P3MD Temanggung, Al Amin meminta seluruh TPP di Kabupaten Temanggung untuk segera menyusun portofolio yang diperlukan. Menurutnya langkah tersebut perlu disiapkan lebih dini agar kendala yang akan dihadapi bisa dipetakan dan diatasi bersama melalui APMDN.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut