get app
inews
Aa Read Next : APMDN Resmi Deklarasi di Temanggung

APMDN Temanggung Resmi Dilantik, Tancap Gas Siapkan Sertifikasi Pendamping Desa

Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:06 WIB
header img
DPW APMDN Jawa Tengah memberikan pengarahan kepada para pengurus cabang Temanggung usai pelantikan. Foto dok. TPP P3MD Temanggung

TEMANGGUNG, iNewsJatenginfo.id – Sertifikasi Pendamping Desa menjadi jawaban atas kebutuhan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) yang kompeten. Selain itu, sertifikasi profesi ini juga sekaligus sebagai wujud pengakuan terhadap profesi pendamping desa yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Insan Mahmud, Sekretaris DPW Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Jawa Tengah mengatakan Sertifikasi Pendamping Desa ditegaskan dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 18 Tahun 2019. Permendes 19 ini menyatakan bahwa TPP harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi.

Insan yang juga menjabat sebagai Koordinator Provinsi Wilayah (KPW) TPP P3MD untuk Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Magelang dan Klaten itu menyampaikan hal tersebut saat pengukuhan dan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang APMDN Kabupaten Temanggung di Balai Desa Tegalroso, Kecamatan Parakan, pada pada Selasa (11/10/2022).

"Asosiasi ini sebagai wadah atau rumah bagi TPP, yang tujuannya sebagai tempat belajar bersama, konsultasi, konsolidasi antar pendamping untuk meningkatkan kualitas dan optimalisasi kegiatan fasilitasi dan pendampingan desa,” terangnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut