Logo Network
Network

Dijamin Ampuh, 8 Cara Meredakan Nyeri Haid

Joko Piroso
.
Jum'at, 30 September 2022 | 10:05 WIB
Dijamin Ampuh, 8 Cara Meredakan Nyeri Haid
Nyeri Haid. (iNews.id)


5. Minum jamu

Ramuan jamu kunyit asem sering digunakan untuk meredakan nyeri saat haid. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi perut rahim penyebab perut kram. Selain itu, kunyit dilengkapi dengan antioksidan.

Dan asam Jawa mengandung tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid dan phlobotamin yang bisa menenangkan kontraksi rahim.

6. Olahraga Ringan

Siapa bilang sakit haid hanya harus pasrah di kasur saja. Kamu justru bisa melakukan olahraga ringan untuk meredakan nyeri saat haid seperti berjalan kaki, yoga, atau bersepeda ringan.

Tetapi jika nyeri haid yang kamu rasakan begitu hebat sampai sulit untuk beraktivitas dan olahraga, sebaiknya jangan dipaksakan. Sebaiknya olahraga ini dilakukan secara rutin, sebelum menunggu nyeri haid tiba.

7. Gunakan pakaian longgar

Saat nyeri haid, sebaiknya ganti pakaianmu lebih longgar. Pakaian yang ketat seperti celana ketat membuat perutmu semakin tertekan, sehingga bisa memperparah nyeri haid yang kamu rasakan. Terlebih, menggunakan celana yang ketat memang tidak baik untuk kesehatan.

8. Obat Pereda Nyeri

Jika usaha meredakan nyeri secara di atas masih belum mempan buatmu, kamu dapat membeli obat pereda nyeri di apotik terdekat. Pastikan resep obat yang kamu beli ialah saran dari dokter. Dengan jumlah yang tepat, nyeri haid juga dapat berkurang bahkan hilang!

Itulah cara meredakan nyeri haid yang dapat kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini