Manfaatkan Limbah Mobil Mainan Bekas, Siswa-Siswi SMPN 7 Kota Tegal Bikin Robot Sapu

Nino
.
Sabtu, 24 September 2022 | 10:38 WIB
Raditio memperagakan robot sapu hasil dari mainan mobil bekas. (Foto: Nino)

TEGAL, iNewsJatenginfo.id - Kelompok siswa-siswi SMPN 7 Kota Tegal, Jawa Tengah menunjukan kreatifitasnya dengan membuat robot penyapu dari limbah mainan mobil-mobilan remot kontrol.

Robot penyapu tersebut pernah dipamerkan saat launching aplikasi majalah digital dan gelar karya siswa SMPN 7 Tegal, pada pekan lalu.

Rangka dari kayu, sedangkan mesin diambil dari mesin mobil-mobilan bekas. Didalam kotak kayu dilengkapi mesin mobil bekas, rangka baterai, modul MCB dan saklar.

Raditio (12) saat ini masih duduk di Kelas 7 SMPN 7 Kota Tegal. Untuk pembuatan kata Raditio dikerjakan oleh kelompok 10 siswa. Pembuatan sendiri makan waktu satu minggu. Saat pembuatan pertama Raditio mengaku hanya bisa maju mundur. Sedangkan yang ini selain maju mundur bisa belok kanan dan kiri.

Robot Sapu buatan siswa SMPN 7 Kota Tegal merupakan robot pembersih lantai sederhana. Raditio mengungkapkan, kegunaannya mampu meminimalisir pekerjaan rumah, dapat meringankan pekerjaan manusia dan mengefesiensi waktu dalam membersihkan lantai, dapat membersihkan tempat yang susah dijangkau oleh tangan, penutup dapat dibuka naik turun untuk mengganti baterai dan menghidupkan dan mematikan saklar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M Ismail Fahmi SI.P M.Si mengapresiasi robotik hasil karya peserta didik SMPN 7 Kota Tegal.

"Robotik teresebut betul-betul hasil karya siswa-siswi SMPN 7 Kota Tegal. Mudah-mudah ini merupakan embrio pelajar SMP yang tidak disangka ternyata mampu membuat robotik walaupun masih sangat sederhana dengan didampingi guru pembina," ujar M Ismail Fahmi.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini