Teleskop James Webb Dapat Tangkap Cahaya Infrared dari Planet Mars

Dini Listiyani
.
Rabu, 21 September 2022 | 12:50 WIB
Teleskop James Webb Tangkap Cahaya Infrared dari Planet Mars (Foto: NASA)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Ini penemuan mencengangkan di dunia antariksa, yaitu teleskop luar angkasa James Webb (JWST) telah menangkap gambar pertama Mars. Teleskop tersebut melihat cahaya infrared yang berasal dari Planet Merah dengan sensitivitas tinggi. Pada gambar pertama James Webb Space Telescope dan spektrum Mars dirilis pada Senin (19/9/2022) di Europlanet Science Congress (ESC). 

Gambar dan pengukuran tersebut dilakukan pada 5 September 2022 dari JWST posisi sekitar satu juta mil (1,6 juta kilometer) dari Mars. 

Gambar piringan observable Mars, sisi planet yang diterangi Matahari dan menghadap teleskop, ditangkap oleh Kamera Inframerah Dekat Webb (NIRCam) dan dapat memberikan pandangan unik kepada ilmuwan planet tentang tetangga dekat Bumi, mengirimkan data yang dapat digunakan bersama dengan pengamatan yang dilakukan oleh penemu seperti Ketekunan NASA dan pesawat di orbit Mars. 

Karena Mars relatif dekat dan sangat terang, itu bukan objek termudah untuk JWST , yang dirancang untuk melihat objek yang sangat jauh dan samar, guna divisualisasikan.

 "Mars sangat terang, sehingga tantangannya adalah bagaimana melihatnya," kata ilmuwan Laboratorium Sistem Planet NASA di Goddard Space Flight Center dan peneliti utama Giuliano Liuzzi dalam konferensi pers EPSC untuk menandai perilisan gambar tersebut. 

Untuk mencegah cahaya inframerah terang dari Mars membutakan instrumen JWST, para ilmuwan menggunakan eksposur yang sangat singkat untuk mengamati Planet Merah. Ini berarti mengukur hanya sebagian cahaya yang mencapai detektor JWST dan kemudian menerapkan metode khusus untuk menganalisis data yang dikumpulkan.

"Kami dapat melihat resolusi luar biasa ini, kami memiliki batas difraksi teleskop luar angkasa dalam inframerah, yang fantastis. Kami dapat melihat seluruh planet," kata Liuzzi sebagaimana dikutip dari Space.com. 

JWST mampu menangkap gambar dan spektrum dengan resolusi spasial yang dibutuhkan para astronom untuk mempelajari fenomena jangka pendek seperti pola cuaca Mars, badai debu, dan bahkan perubahan yang disebabkan oleh musim planet. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini