Logo Network
Network

Sering Jalan Kaki hingga 48 Kilometer, Anak Penjual Gula Keliling Ini Lolos Masuk TNI AD

Tim iNews.id
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 23:46 WIB
Sering Jalan Kaki hingga 48 Kilometer, Anak Penjual Gula Keliling Ini Lolos Masuk TNI AD
Sarpan bersama keluarga (foto: istimewa)

LEBAK, iNewsJatenginfo.id - Menjadi anggota TNI AD memang tidak bagi mudah, namun tekad Sarpan (20) pemuda dari keluarga ekonomi lemah membuktikan dengan tekad kuat mampu mewujudkan impiannya.

Anak muda penjual gula keliling asal Lebak, Banten ini membuktikan jika masuk TNI AD tidak menggunakan uang. 

Kerabat Sarpan, Faizal menceritakan dirinya saat bertemu pemuda berprestasi tersebut yang ingin sekolah tinggi dan membantu keluarga.

"Awalnya saya bertemu dengan Sarpan pada tahun lalu, dan memberikan bimbingan karena ia gigih. Ia ingin sekali sekolah yang tinggi agar dapat membantu kedua orangtuanya yang sudah tak mampu lagi," kata Faizal beberapa waktu lalu.

Menurut Faizal, Sarpan merupakan anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, karena orangtuanya cacat dan harus menjual gula keliling yang berjarak 12 kilometer jika ingin belanja ke pasar. Sarpan pun bersekolah di SMAN Rangkasbitung bukan dorongan dari orangtua, Sarpan lulus pada 2019.

"Sekolah pun atas kemauan dia sendiri, dan bukan dukungan dari orangtua. Dia ingin sekolah berjenjang yang tinggi. Lalu, dia kuliah tanpa sepengetahuan orangtua dan tinggal di rumah gurunya sambil membantu," beber Faizal.

Faizal pun menceritakan disaat Sarpan hendak pulang ke Kecamatan Sobang ia harus berjalan kaki atau lari kecil sejauh 48 kilometer, dengan kondisi letak geografis naik turun perbukitan.

"Setiap ditawari untuk naik ke kendaraan umum tapi tidak mau, dengan alasan ingin berolahraga. Tapi pada dasarnya dia tidak mau ketahuan jika tidak mempunyai uang dan malu dengan keluarganya," beber Faizal.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini