get app
inews
Aa
Read Next : Al-Quran Petunjuk bagi Manusia dan Pembeda

Guru Berkemajuan, Harus Mendidik dengan Variatif

Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:57 WIB
header img
Guru ISMUBA SD Muhammadiyah Kota Surakarta. Foto: Ist

SOLO, iNewsJatenginfo.id – Menjadi seorang guru berkemajuan bukanlah hal yang mudah. Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Surakarta, Tridjono menjelaskan, seorang guru berkemajuan terutama guru al Islam Kemuhamamadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) harus mempunyai tipe pembelajar.

“Guru berkemajuan tentu mendidik dengan sangat variatif. Kegiatan pelatihan video pembelajaran guru ISMUBA SD Muhammadiyah Kota Surakarta adalah embrio awal,” ujarnya memberi contoh.

Menurutnya, tidak semua guru dikenang oleh siswa. 

“Dengan guru yang mengajar dengan model, metode dan memahami gaya belajar anak-anak maka anak akan senag dan terkesan terutama guru-guru SD,” kenang Tridjono, yang pernah aktif KKG sejak tahun 1974.

Seorang pendidik harus selalu berupaya meningkatkan diri menjadi seorang profesionalisme guru ISMUBA di sekolah Muhammadiyah. ”Profesional merupakan guru yang memiliki sikap disiplin, tertib, tanggung jawab, jujur, komitmen dan mempunyai loyalitas yang tinggi pada sekolah seperti dalam UU guru dan dosen,” jelasnya.

Acara yang didukung oleh Rektor ITS PKU Muhammadiyah Weni Hastuti, MKes PhD, dengan menerjunkan sebanyak 5 dosen, Arif Nugraha MEng, Joko Triyanto MKom, Siti Shofiyatun MPd, Kepala Unit Al Islam Kemuhammadiyahan candidat doktoral Suyanto, dan Septi Aprilia MPd.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut