get app
inews
Aa Read Next : 489 Siswa PMS Kendal Raih Ribuan Prestasi di Tingkat Kabupaten hingga Nasional

Masalah BRI-Life di Kendal

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:41 WIB
header img
Pemerhati Kebijakan Publik dan TA Komisi B (Bidang Perekonomian) DPRD Provinsi Jawa Tengah, Khafid Sirotudin. Foto: Ist

KENDAL, iNewsJatenginfo.id - Sabtu 6 Agustus 2022, siang  menjelang Ashar, saya mampir ke rumah H. Zaedi di Cepiring. Kami memang sudah janjian ketemu setelah acara di Semarang selesai. Setelah dipersilakan masuk oleh putranya di ruang tamu, saya ditemui istrinya Hj. Ida Istiana sambil menunggu kedatangan H. Zaedi dari rice-mill miliknya.

Dihadapan saya dan H. Zaedi, Hj. Ida bercerita tentang kekhawatiran dan rasa pesimisnya mencairkan premi BRI-Life Davestera milik mereka berdua sebesar Rp 1 Milyar, yang terdiri 2 polis masing-masing Rp 500 juta. Polis tersebut telah jatuh tempo (jangka waktu 5 tahun) sejak beberapa bulan lalu. Yang menarik perhatian saya justru salah satu polis senilai Rp 500 juta berasal dari hutang KUR BRI cabang Kendal sebesar Rp 500 juta dengan jangka waktu kredit 5 tahun, sama dengan jangka waktu Asuransi BRI-life Davestera.

Menurut penuturan Hj. Ida, beliau sudah cukup lelah dalam mengurus secara baik-baik dan telah menanyakan ke staf BRI Cabang Kendal yang dulu mengurusi hal itu. Ihtiar  menemui dan menanyakan langsung ke Kantor Cabang BRI-life di Semarang pun telah beberapa kali dilakukan. Pasutri ini didampingi Iptu M. Yusuf (Kapolsek Gemuh) dalam pengurusannya ke berbagai pihak terkait. Kebetulan kami berempat teman satu sekolah, alumni SMA Muhammadiyah 1 Weleri angkatan 1987.

Menurut penuturan Hj. Ida berdasarkan informasi dari M. Yusuf, setidaknya ada 77 anggota Polres Kendal juga menjadi nasabah terdampak BRI-life Davestera. Sejumlah 70-an Polis milik anggota telah dicairkan penuh, setelah secara bersama-sama mendatangi BRI Kancab Kendal. Sisanya 7 polis belum cair dan 'katanya' dijanjikan tanggal 15/8/2022 mendatang. Melalui telepon dengan saya, M. Yusuf menyampaikan akan menunggu hingga tanggal 17 Agustus 2022, sebelum melakukan langkah lanjutan apabila belum cair. 

Hj. Ida juga menceritakan sejak awal hingga mereka berdua berani menginvestasikan uangnya di BRI-Life, setelah 'kepincut' (tertarik) dengan apa yang dijanjikan Sdri Virga karyawati BRI-Life yang menggawangi layanan di kantor BRI Cabang Kendal saat itu (2017). Juga percaya setelah "diyakinkan" saudara Danang, karyawan BRI Kendal yang sempat datang ke rumah Hj. Ida-H. Zaedi di Cepiring waktu itu. Saat ini Virga sudah resign dari BRI-Life dan "menghilang" entah tinggal dimana. H. Zaedi memberikan copy PDF berisi Surat Keterangan berkop BRI Cabang Pemalang dari Danang yang ditandatangani, tempat dimana sekarang dia bekerja.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut