get app
inews
Aa Read Next : Manfaatkan Media, Dewan Pers dan BNPT Wujudkan Indonesia Harmoni dari Radikalisme dan Terorisme

Dewan Pers Tegakan Kode Etik Jurnalistik Bagi Media yang Dinilai Abai

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 15:13 WIB
header img
Yadi Hendriyana ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Penegakan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) terhadap media yang dinilai abai terus ditingkatkan Dewan Pers. Dewan Pers menangani media daring berisi konten tidak sehat sampai menerima pengaduan masyarakat terhadap pemberitaan di pelbagai media.

Selain itu konten-konten yang tidak mengindahkan etika pun akan menjadi sasaran.  

“Selama bulan Juli ini kami menangani 59 kasus pengaduan. Sebanyak 47 kasus yang dinyatakan melanggar KEJ telah selesai ditangani, dengan risalah kesepakatan tujuh kasus, pernyataan penilaian dan rekomendasi (PPR) empat kasus, serta 36 kasus diselesaikan melalui surat,” kata Yadi Hendriana, anggota Dewan Pers yang juga ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers, Selasa (2/8) di Jakarta.

Media kedapatan melanggar KEJ, wajib memberikan hak jawab atau hak koreksi. Beberapa media juga minta maaf secara terbuka kepada publik. 

“Kami di Dewan Pers sangat mengapresiasi lembaga pers yang terus konsisten ikut menjaga kualitas jurnalisme. Sembari itu, kami juga secara aktif terus meningkatkan kualitas penanganan pengaduan-pengaduan yang masuk ke Dewan Pers,” imbuhnya. 

Yadi mengingatkan agar media-media daring tidak mengejar umpan klik (click bait) semata namun tak sesuai dengan etika jurnalistik. Selain itu media daring diminta tidak sekadar cepat menyajikan berita tanpa mengindahkan uji dan verifikasi informasi. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut